Pengamat Politik Belgia Ungkap Metode Propaganda Rusia Di Eropa

0
1349
27-propaganda-rusia-di-eropa

Hobbymiliter.com – Wadah pemikir salah satu partai sayap kiri di Eropa mempublikasikan jurnal riset yang isinya mengungkapkan bahwa Rusia secara diam-diam mendorong agenda jahat di Eropa dengan memanfaatkan sejumlah organisasi yang didanai oleh Moskow di berbagai belahan Eropa.

Hubungan antara NATO dan Rusia yang masih tegang rupanya menginspirasi sejumlah lembaga swadaya masyarakat untuk terus menekan Rusia. Wilfried Martens Centre for European Studies yang berbasis di Brussels, Belgia, ikut ambil bagian dengan menerbitkan buku ‘tutorial’ setebal 86 halaman, yang berisi tentang metode-metode rahasia Rusia dalam mengendalikan dan memperbaiki citranya di masyarakat Eropa.

BACA JUGA :  MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO

Kondisi Eropa sedang berantakan akibat gelombang arus imigran dari Timur Tengah, krisis pengungsi berkepanjangan, sekutu politik dan ekonomi yang menjauh (Brexit), dan serangkaian serangan teroris. Namun menurut LSM tersebut, kepentingan pribadi Rusia adalah ancaman yang paling besar bagi benua Eropa secara keseluruhan.

Menurut study yang diberi judul ‘Beruang Berbulu Domba’ tersebut, Rusia punya banyak jaringan LSM yang didanai oleh pemerintah, LSM rahasia, dan wadah pemikir yang bertujuan untuk menggerakkan opini masyarakat Eropa untuk memandang negara Federasi Rusia dan kebijakannya secara positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here