Thursday, June 30, 2022
HomePengamat Politik Belgia Ungkap Metode Propaganda Rusia Di Eropa

Pengamat Politik Belgia Ungkap Metode Propaganda Rusia Di Eropa

27-propaganda-rusia-di-eropa
Massa pro Rusia di Ukraina. Sumber: Reuters

“LSM dan wadah pemikir yang berbasis diluar Rusia memainkan peran penting dalam kebijakan luar negeri negara (Rusia),” tulis laporan tersebut. “(LSM) tersebut digunakan sebagai alat untuk melegitimasi kebijakan dan memanipulasi pandangan masyarakat di luar negeri.”

Dalam hasil penelitiannya, Wilfried Martens Centre for European Studies menyerukan kepada Uni Eropa untuk menyidik aktivitas organisasi-organisasi yang dimaksud, dan meminta agar UE segera mengambil tindakan untuk menjegal “kekuasaan lunak” Rusia di Eropa.

Menurut studi tersebut, untuk memanipulasi para pengambil keputusan dan opini masyarakat di wilayah Uni Eropa, Rusia menggunakan beberapa alat yang dapat diukur dari satu negara ke negara lainnya. Misalnya, dengan menggemborkan prinsip anti-Amerika di Prancis, memfokuskan hubungan bisnis dengan Italia, membangun hubungan berbasis keagamaan dengan negara-negara mayoritas Kristen Ortodoks, dan mendukung wacana Slavik Raya di negara-negara ras Slavik (Balkan dan Eropa Timur). Inilah mengapa negara-negara di sekitar Laut Baltik lebih rentan terkena propaganda ini, tulis laporan tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

38-inggris-perbarui-tank-tempur-challenger-2

Inggris Akan Perbarui Unit Tank Tempur Challenger 2

0
Hobbymiliter.com - Kementerian Pertahanan Inggris telah memulai program untuk memperbarui lini tank tempur utama mereka, Challenger 2 yang kini telah dimakan zaman. Setidaknya tiga...

Recent Comments