Thursday, April 25, 2024
HomeObama Tawari Israel Paket Bantuan Militer Senilai 500 Triliun, Netanyahu Minta Lebih

Obama Tawari Israel Paket Bantuan Militer Senilai 500 Triliun, Netanyahu Minta Lebih

36-obama-tawarkan-paket-bantuan-militer-kepada-israel
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Sumber: Reuters

Benjamin Netanyahu sebelumnya ingin agar angka tersebut dinaikkan lagi menjadi 50 miliar dollar. Israel juga menginginkan agar persentase nilai bantuan (26%) yang disalurkan kepada lembaga pengadaan, kontraktor militer, dan riset pertahanan dalam negeri mereka, tetap dipertahankan. Jika angka tersebut dikurangi, maka perusahaan pertahanan Israel akan kehilangan ratusan juta dollar setiap tahunnya. Angka persentase tersebut pertama kali digagas pada era 1980an, zaman ketika lembaga pertahanan Israel masih membutuhkan bantuan. Kini, Israel sudah punya segalanya, sehingga AS meminta agar sebagian dari porsi tersebut dikembalikan ke Washington.

BACA JUGA :  Lithuania Terima Unit Pertama IFV Vilkas

Israel disebut-sebut khawatir akan kebijakan pemerintahan Presiden AS yang baru, yang kemungkinan tidak akan menawarkan paket bantuan yang lebih menguntungkan. Pakar hubungan internasional, David Makovsky di Washington Institute for Near East Policy, mengindikasikan bahwa peluang Israel akan jauh lebih mengecil apabila Donald Trump terpilih menjadi Presiden AS.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Chun Mu MLRS

First Chun-Mu long-range rocket systems enter South Korean service

0
The Republic of Korea Army has begun deploying the Hanwha Chun-Mu long-range multiple rocket system (LRMRS), South Korea's Defence Agency for Technology and Quality...

Recent Comments