Thursday, July 18, 2024
HomeObama Tawari Israel Paket Bantuan Militer Senilai 500 Triliun, Netanyahu Minta Lebih

Obama Tawari Israel Paket Bantuan Militer Senilai 500 Triliun, Netanyahu Minta Lebih

36-obama-tawarkan-paket-bantuan-militer-kepada-israel
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Sumber: Reuters

Benjamin Netanyahu sebelumnya ingin agar angka tersebut dinaikkan lagi menjadi 50 miliar dollar. Israel juga menginginkan agar persentase nilai bantuan (26%) yang disalurkan kepada lembaga pengadaan, kontraktor militer, dan riset pertahanan dalam negeri mereka, tetap dipertahankan. Jika angka tersebut dikurangi, maka perusahaan pertahanan Israel akan kehilangan ratusan juta dollar setiap tahunnya. Angka persentase tersebut pertama kali digagas pada era 1980an, zaman ketika lembaga pertahanan Israel masih membutuhkan bantuan. Kini, Israel sudah punya segalanya, sehingga AS meminta agar sebagian dari porsi tersebut dikembalikan ke Washington.

BACA JUGA :  MQ-9B STOL, Varian UAV Reaper Untuk Angkatan Laut – Marinir AS

Israel disebut-sebut khawatir akan kebijakan pemerintahan Presiden AS yang baru, yang kemungkinan tidak akan menawarkan paket bantuan yang lebih menguntungkan. Pakar hubungan internasional, David Makovsky di Washington Institute for Near East Policy, mengindikasikan bahwa peluang Israel akan jauh lebih mengecil apabila Donald Trump terpilih menjadi Presiden AS.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Chafee Firing Tomahawk Block V

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

0
HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Recent Comments