Tuesday, May 21, 2024
HomeTiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

Tiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

38-jet-tempur-siluman-j-20-resmi-diproduksi
Jet Tempur Siluman J-20 yang dipamerkan Desember 2015 silam. Sumber: Wikipedia

Yang menjadi isu di kalangan CAC adalah sumber tenaga yang akan dipakai dalam produksi massal jet J-20 mendatang. Saat ini pesawat tempur siluman tersebut ditenagai oleh dua mesin Saturn Al-31 buatan Rusia. Beijing menginginkan agar di jet tersebut ditenagai jet turbo bertenaga 180 kilonewton dengan sertifikasi WS-15. Namun, manufaktor dalam negeri mereka mengalami masalah produksi, sehingga harus mengalami penundaan.

Kehadiran J-20 di langit Laut Cina Selatan dan Timur akan membuat posisi Beijing semakin kuat dalam sengketa di kedua wilayah perairan tersebut. Saat ini, Tiongkok sedang berebut klaim dengan beberapa negara ASEAN di Selatan dan Jepang di Timur.

BACA JUGA :  Serah Terima Alutsista Baru Marinir

Perkembangan jet tempur siluman J-20 jua membuat Jepang ketar-ketir karena pihaknya harus menunggu produksi jet tempur F-35 setelah sebelumnya ditolak oleh Amerika Serikat untuk membeli unit F-22 Raptor. Jepang akan tertinggal beberapa tahun jika J-20 sudah resmi digunakan oleh AU PLA.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

23-kemenlu-prancis-dan-as-desak-turki-hentikan-serangan-ke-kurdistan-suriah

Prancis dan AS Desak Turki Hentikan Serangan Ke Wilayah Kurdistan Suriah

0
Hobbymiliter.com - Kementerian Luar Negeri Prancis secara resmi menyerukan kepada Turki untuk berhenti melakukan serangan bom ke arah wilayah Kurdistan di utara Suriah. Paris mengatakan...

Recent Comments