Wednesday, March 27, 2024
HomeTiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

Tiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

38-jet-tempur-siluman-j-20-resmi-diproduksi
Jet Tempur Siluman J-20 yang dipamerkan Desember 2015 silam. Sumber: Wikipedia

Yang menjadi isu di kalangan CAC adalah sumber tenaga yang akan dipakai dalam produksi massal jet J-20 mendatang. Saat ini pesawat tempur siluman tersebut ditenagai oleh dua mesin Saturn Al-31 buatan Rusia. Beijing menginginkan agar di jet tersebut ditenagai jet turbo bertenaga 180 kilonewton dengan sertifikasi WS-15. Namun, manufaktor dalam negeri mereka mengalami masalah produksi, sehingga harus mengalami penundaan.

Kehadiran J-20 di langit Laut Cina Selatan dan Timur akan membuat posisi Beijing semakin kuat dalam sengketa di kedua wilayah perairan tersebut. Saat ini, Tiongkok sedang berebut klaim dengan beberapa negara ASEAN di Selatan dan Jepang di Timur.

BACA JUGA :  Tawarkan Barter, Donald Trump Siap Cabut Sanksi Rusia

Perkembangan jet tempur siluman J-20 jua membuat Jepang ketar-ketir karena pihaknya harus menunggu produksi jet tempur F-35 setelah sebelumnya ditolak oleh Amerika Serikat untuk membeli unit F-22 Raptor. Jepang akan tertinggal beberapa tahun jika J-20 sudah resmi digunakan oleh AU PLA.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

0
Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments