Saturday, June 25, 2022
HomeMiliterAlutsistaHMS Audacious Selesaikan Pelayaran Operasional Pertamanya

HMS Audacious Selesaikan Pelayaran Operasional Pertamanya

Hobbymiliter.com – HMS Audacious Selesaikan Pelayaran Operasional Pertamanya. Kapal selam terbaru milik Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) dari kelas Astute, HMS Audacious, dikabarkan telah menyelesaikan pelayaran operasional pertamanya di wilayah perairan Mediterania bersama dengan unsur alutsista lainnya milik aliansi NATO. Dikabarkan dalam rilis resmi Angkatan Laut Inggris (Royal Navy), HMS Audacious yang merupakan kapal selam ke-empat dari tujuh unit kapal selam buru-bunuh tenaga nuklir kelas Astute yang mulai berdinas di jajaran armada Angkatan Laut Inggris (Royal Navy), telah berhasil menyelesaikan operasi pelayaran dinas pertamanya setelah menjalani serangkaian perbekalan material persenjataan dan latihan bagi awak – awak kapal yang berlangsung selama kurang lebih dua bulan.

BACA JUGA :  Bell 505 Helikopter Latih Baru TNI AL

Sebelum berangkat menuju medan operasi pertamanya di wilayah perairan Mediterania, HMS Audacious terlebih dahulu singgah di Gibraltar guna melakukan pemasangan peluru kendali (rudal) jelajah Tomahawk yang memang menjadi salah satu senjata utamanya. Setelah itu kapal selam ini pun kemudian berlayar menuju perairan Mediterania dimana kapal ini berlatih dengan kapal – kapal lain dari negara – negara anggota aliansi NATO untuk membuktikan ketangguhan dan kehandalan kapal selam ini dalam pertempuran dan memberikan pengalaman baru bagi beberapa negara anggota NATO yang terlibat untuk mendeteksi kapal selam buru-bunuh bertenaga nuklir yang sebelumnya mungkin belum pernah mereka latihkan pendeteksiannya dengan kapal – kapal mereka.

BACA JUGA :  LORA, Rudal Kontainer Israel Yang Hantam Target Sejauh 400 KM

Sebagai kapal selam buru-bunuh bertenaga nuklir, HMS Audacious ditenagai oleh reaktor nuklir yang mampu membawa kapal selam ini melaju hingga 30 knot (56 kilometer per jam) di bawah permukaan air. Kapal selam ini diawaki oleh 98 orang personel pengawak dengan kemampuan menampung hingga maksimal 109 orang personel (kapal selam ini mampu membawa unit kecil pasukan komando Marinir Inggris atau Royal Marine Commando). Kapal selam ini diperlengkapi dengan dua jenis sistem persenjataan utama yakni rudal jelajah Tomahawk Block IV, dan torpedo kelas berat Spearfish. Disamping rangkaian kemampuan taktis strategis tersebut diatas, kapal – kapal selam kelas Astute juga dibekali dengan kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan air minum secara mandiri guna mendukung jalannya operasi tempur yang mengharuskan para awak kapal selam tersebut bertahan lebih lama dibawah permukaan laut.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Roket VLS Brazil Saat Diluncurkan.

Mengenal Missile Technology Control Regime, Lembaga Proliferasi Senjata Pemusnah Masal (Bagian...

0
HobbyMiliter.com - Missile Technology Control Regime. Setelah beberapa waktu yang lalu telah kita bahas secara singkat terkait apa itu Missile Technology Control Regime, kali ini,...

Recent Comments