Friday, April 19, 2024
HomeMarinir AS Ingin Pasang Senjata Laser Pada Jet Tempur F-35B

Marinir AS Ingin Pasang Senjata Laser Pada Jet Tempur F-35B

KC-130J Harvest HAWK. Sumber: Code One Magazine/John Rosino
KC-130J Harvest HAWK. Sumber: Code One Magazine/John Rosino

General Atomics selaku kontraktor proyek senjata laser tersebut telah mengembangkan Gen 3 High Energy Laser berkekuatan 150 kilowatt, yang disimpan dalam sebuah kotak berukuran 365x120x60 centimeter. Sistem yang sedemikian ringkas akan membuatnya mudah diterapkan pada pesawat gunship AC-130 atau KC-130 yang akan menyediakan daya bagi senjata laser tersebut. Air Force Research Laboratory bahkan mengembangkan versi yang lebih ringkas dengan panjang yang sama namun lebar yang lebih pendek.

Ada banyak keunggulan senjata laser. Pertama, biayanya yang sangat murah, hanya terhitung “recehan” per sekali tembak. Sangat murah ketimbang senjata rudal udara seperti AIM-9 Sidewinder yang harga per unitnya bisa mencapai $420 ribu (5,5 miliar rupiah). Tenaganya pun dapat disuplai langsung oleh unit pesawat. Laser juga tidak bising dan jika cuacanya bagus, maka tembakannya tidak akan terlihat. Hal ini akan menyulitkan musuh di daratan untuk mendeteksi keberadaan pesawat tempur. Terakhir, laser dapat mengurangi kerusakan yang tidak diinginkan, dimana tembakannya dapat diarahkan ke obyek-obyek tertentu saja seperti truk, helicopter, dan perahu. Itupun hanya merusak mesinnya saja supaya tidak mampu beroperasi lagi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KFX Kerjasama Indonesia - Korea Selatan.

Amerika Kembali Menolak Alih Teknologi Untuk KFX

0
HobbyMiliter.com - Amerika Serikat kembali menolak permintaan Korea Selatan atas alih teknologi 4 teknologi kunci (RF jammer, AESA radar, IRST, dan electronic optic targeting...

Recent Comments