Tuesday, December 6, 2022
HomeSekitar Sejuta Warga Katalan Demo Mendesak Kemerdekaan dari Spanyol

Sekitar Sejuta Warga Katalan Demo Mendesak Kemerdekaan dari Spanyol

Ratusan ribu warga Barcelona yang membentangkan bendera Estelada dalam acara demonstrasi hari Minggu (11/9). Sumber: Emilio Morenatti/Associated Press
Ratusan ribu warga Barcelona membentangkan bendera Estelada dalam acara demonstrasi hari Minggu (11/9). Sumber: Emilio Morenatti/Associated Press

Estevez meyakini, perbedaan pendapat antara partai-partai pro-kemerdekaan Katalan tidak akan mengganggu gerakan mereka untuk merealisasikan terbentuknya negara Katalan yang berdaulat.

“Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kami ini majemuk, namun bersatu-padu. Kami adalah negeri yang hidup, negeri yang sedang melangkah. Dan saat ini kami sedang berdiri di ujung batas, siap untuk berubah menjadi negara baru,” katanya.

Dalam referendum non-resmi yang digelar 2014 silam, sekitar 80 persen warga Katalan mendukung kemerdekaan dari Spanyol.

Namun gerakan mereka terhambat saat diadakannya pemilu legistlatif tahun ini. Pemerintah Katalan kehilangan dukungan dari partai sosialis CUP yang tidak menyetujui rencana anggaran yang telah diajukan.

BACA JUGA :  Indo Defence 2016 : APC Turangga, Alutsista Baru Indonesia

Kepala pemerintah daerah Katalan, Carles Puigdemont, kini hanya didukung oleh minoritas partai pro-kemerdekaan di parlemen Katalan. Pihaknya pun merasa cemas dalam menghadapi pemilu kepala daerah yang akan digelar 28 September mendatang.

Puigdemont berpendapat kemerdekaan Katalan harus dinegosiasikan dengan pemerintah pusat yang bermarkas di Madrid, namun deklarasinya bisa diputuskan secara sepihak jika terpaksa.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

76-iran-sangkal-tuduhan-penyerangan-terhadap-uss-mason-di-yaman

Iran Sangkal Tuduhan Penyerangan Terhadap USS Mason di Yaman

0
Hobbymiliter.com - Pada hari Kamis, 20 Oktober, Iran mengatakan pihaknya menolak segala tuduhan yang dialamatkan ke Teheran perihal dugaan serangan rudal yang dialamatkan kepada...

Recent Comments