Perkuat Kerjasama Militer, Kapal AL Tiongkok Tiba Di Myanmar

0
906
36-kapal-laut-tiongkok-kunjungi-myanmar
Perwira tinggi Myanmar menyambut kapal Tiongkok di pelabuhan Yangon. Sumber: Herald News

Hobbymiliter.com – Dua unit kapal Angkatan Laut Pasukan Pembebasan Rakyat (PLAN) Tiongkok tiba di ibukota Myanmar Yangon dalam rangka kunjungan kerjasama selama lima hari. Demikian dilaporkan oleh kantor berita pemerintah Tiongkok, Xinhua, pada Sabtu (1 Oktober).

Langkah ini merupakan salah satu bagian dari strategi Beijing untuk mengikat kerjasama militer bersama tetangganya tersebut. Lokasi Myanmar dianggap sangat strategis bagi ekonomi serta pertahanan Tiongkok. Pemerintahnya pun sangat kooperatif dengan Beijing.

Akhir-akhir ini Tiongkok juga semakin mengintensifkan kerjasama diplomatiknya dengan Myanmar sehubungan dengan naiknya aktivis demokrasi Aung San Suu Kyi ke tampuk pemerintahan Yangon. Tiongkok menargetkan agar Myanmar dapat dijadikan sekutu utama bagi negaranya, di tengah sengketa berkepanjangan antara Beijing dengan negara-negara ASEAN lainnya.

BACA JUGA :  Polisi Tiongkok Ringkus Perusahaan Yang Diduga Membantu Proyek Nuklir Korut

Dua kapal perang bernama Xiangtan dan Zhoushan tersebut tiba pada Jumat (30 September) kemarin. Kedatangannya langsung disambut oleh perwira senior Myanmar, tulis Xinhua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here