Friday, June 14, 2024
HomePerkuat Kerjasama Militer, Kapal AL Tiongkok Tiba Di Myanmar

Perkuat Kerjasama Militer, Kapal AL Tiongkok Tiba Di Myanmar

Perwira tinggi Myanmar menyambut kapal Tiongkok di pelabuhan Yangon. Sumber: Herald News
Perwira tinggi Myanmar menyambut kapal Tiongkok di pelabuhan Yangon. Sumber: Herald News

Tiongkok banyak menjalin hubungan diplomatik semasa Myanmar masih diperintah oleh junta militer. Proses demokratisasi yang berlangsung selama beberapa tahun belakangan membuat negeri tirai bambu tersebut sedikit was-was, namun Aung San Suu Kyi sudah menunjukkan tindakan kooperatif dengan melakukan kunjungan ke Tiongkok untuk membahas relasi kedua negara ke depannya.

Tiongkok juga terus menekan Myanmar agar melanjutkan proyek bendungan Myitsone senilai $3,6 miliar (47 triliun rupiah) yang sempat terhambat. Dalam perjanjian kedua negara, 90 persen dari energi yang dihasilkan oleh bendungan tersebut akan disalurkan kepada Tiongkok.

BACA JUGA :  Jepang Kirim Pasukan Beladiri Untuk Bantu Proyek TNI AL

Tiongkok sempat dibuat kesal oleh mantan Presiden Myanmar, Thein Sein yang pada September 2011 silam, memutuskan untuk secara resmi menghentikan kelanjutan proyek pembangunan bendungan tersebut. Sein berpendapat bendungan tersebut telah merusak ekosistem di sekitar daerah Kachin, utara Myanmar.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Rusia Hentikan Produksi Massal Pesawat Tempur Su25

Rusia Hentikan Produksi Massal Pesawat Tempur Su25

0
HobbyMiliter.com - Rusia Hentikan Produksi Massal Pesawat Tempur Su25. Perusahaan produsen pesawat Rusia, United Aircraft Corporation menghentikan produksi massal pesawat tempur serang darat Sukhoi Su25....

Recent Comments