Tuesday, May 28, 2024
HomeBlog MiliterJumlah Tentara Turki Terpangkas 160 Ribu Personil Pasca Kegagalan Kudeta

Jumlah Tentara Turki Terpangkas 160 Ribu Personil Pasca Kegagalan Kudeta

Militer Turki di perbatasan Suriah. Sumber: Reuters/Umit Bektas
Militer Turki di perbatasan Suriah. Sumber: Reuters/Umit Bektas

Pekan ini, pemerintahan Erdogan mencanangkan langkah untuk memperlebar jarak fisik antara kepemimpinan militer dan sipil dengan membangun sebuah kompleks gedung yang disebut dengan “Turkish Pentagon.” Gedung tersebut akan menjadi kantor bagi badan intelijen nasional Turki (MIT) dan kepemimpinan seluruh matra angkatan bersenjata Turki. Letaknya akan dibuat menjauh dari ibukota Ankara.

Langkah “muat ulang” semacam ini tentu dibutuhkan oleh Erdogan mengingat jumlah personil militer yang semakin mengecil, padahal ia masih berambisi untuk memperluas peranan Turki di Suriah. Awal September silam, Erdogan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk membebaskan kota Raqqa dari tangan ISIS setelah mendapat permohonan dari Obama. “Obama secara spesifik ingin kami melakukan sesuatu (untuk membebaskan) Raqqa. Kami sudah bilang, kami tidak masalah,” ujar Erdogan kepada Hurriyet.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PemerCiri-Ciri Order Baruintahan Sentralistik Ciri-ciri orde baru selanjutnya adalah pemerintahan sentralistik. Artinya sistem pemerintahan hanya menguatkan kekuasaan terpusat terhadap daerah. Hal ini dikarenakan ketergantungan tinggi dari pemerintah daerah kepada keputusan pemerintah pusat. Di jaman orde baru, kebijakan pemerintah yang sentralistik ini merupakan kebijakan ekonomi dan pembangunan dan juga penerapan pada kebijakan politik.

Ciri-Ciri Orde Baru Di Era Presiden Soeharto

0
Ciri-Ciri Orde Baru Di Era Presiden Soeharto - HobbyMiliter.com - Jika kamu ingin belajar sejarah negara Indonesia, pastinya kamu tidak akan melewatkan belajar sejarah...

Recent Comments