Saturday, April 20, 2024
HomeBlog MiliterJumlah Tentara Turki Terpangkas 160 Ribu Personil Pasca Kegagalan Kudeta

Jumlah Tentara Turki Terpangkas 160 Ribu Personil Pasca Kegagalan Kudeta

Militer Turki di perbatasan Suriah. Sumber: Reuters/Umit Bektas
Militer Turki di perbatasan Suriah. Sumber: Reuters/Umit Bektas

Pekan ini, pemerintahan Erdogan mencanangkan langkah untuk memperlebar jarak fisik antara kepemimpinan militer dan sipil dengan membangun sebuah kompleks gedung yang disebut dengan “Turkish Pentagon.” Gedung tersebut akan menjadi kantor bagi badan intelijen nasional Turki (MIT) dan kepemimpinan seluruh matra angkatan bersenjata Turki. Letaknya akan dibuat menjauh dari ibukota Ankara.

Langkah “muat ulang” semacam ini tentu dibutuhkan oleh Erdogan mengingat jumlah personil militer yang semakin mengecil, padahal ia masih berambisi untuk memperluas peranan Turki di Suriah. Awal September silam, Erdogan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk membebaskan kota Raqqa dari tangan ISIS setelah mendapat permohonan dari Obama. “Obama secara spesifik ingin kami melakukan sesuatu (untuk membebaskan) Raqqa. Kami sudah bilang, kami tidak masalah,” ujar Erdogan kepada Hurriyet.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-15 USAF dari pangkalan di Islandia mencegat patroli Bear

F-15 Eagle: Penjaga GIUK Gap

0
HobbyMiliter.com - Lautan antara Pulau Greenland dan Kepulauan Inggris Raya (UK) merupakan jalur utama yang digunakan oleh armada bomber dan pesawat pengintai maritime Soviet (dan...
Kapal ADRI XLVI TNI-AD

Kapal ADRI XLVI TNI-AD

Recent Comments