C-295 AEW, pendatang baru di pasar AWACS
C-295 AEW, pendatang baru di pasar AWACS

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara – HobbyMiliter.com. Perang udara semakin kompleks dengan melibatkan kekuatan teknologi maju dan penguasaan informasi. Konsep early warning dan first look, first kill menjadi dua hal yang amat penting untuk bisa menguasai medan pertempuran dan sekaligus memenangkannya.

Permasalahannya, bagaimana caranya mengumpulkan informasi situasi medan perang sebanvak, selengkap mungkin dan seefisien mungkin. Konsep ini kemudian dirumuskan, sehingga informasi yang didapat bersifat menyeluruh dan dapat didistribusikan kepada sistem-sistem perangkat perang secara real time.

Baca juga :   NATO Pensiunkan Unit Kedua Pesawat AWACS E3A

Salah satu elemen yang mendukung pada tercapainya keunggulan ISTAR (Intelligence, Surveillance, Target Acquisition, and Reconnaissance) tidak lain adalah penggunaan pesawat Airborne Early Warning and Control (AEW&C). Pesawat inilah yang bila dianalogikan akan berperan sebagai menara kontrol untuk pengaturan semua perangkat perang, khususnya pesawat dan alutsista udara lainnva. Pesawat AEW&C memberikan informasi sebanvak-banyaknya mengenai medan pertempuran.

AWACS PHALCON AU Chili. AWACS dgn sistem buatan Israel ini bentuknya cukup unik, sesuai namanya "PHALCON"
AWACS PHALCON AU Chili. AWACS dgn sistem buatan Israel ini memiiki hidung yang bentuknya cukup unik, sesuai namanya “PHALCON”

Radar terbang memiliki keunggulan dari radar yang ditanam secara fixed di darat karena sifat pergerakannya yang sangat mobile. Sedangkan radar fixed bila posisinya sudah diketahui oleh musuh akan menjadi sasaran yang dengan segala cara akan dimusnahkan terlebih dahulu (bahkan dalam kasus Israel vs Mesir, radar buatan Soviet milik Mesir diculik oleh Israel). Keuntungan lainnya adalah kemungkinan deteksi yang lebih besar pada pesawat tempur yang didesain memiliki RCS kecil (stealth) karena sisi atas pesawat tempur stealth biasanya masih ada control surface yang memiliki RCS lebih besar dari pada sisi bawah.

Baca juga :   Perang Elektronika Di Lembah Beka’a

Indonesia merupakan salah satu negara yang saat ini tengah menjajaki pembelian pesawat AEW&C. Di samping itu Indonesia juga berencana membeli jet tanker untuk memenuhi kebutuhan kekuatan pokok minimum. (Klik dibawah untuk lanjut halaman berikut).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here