Tuesday, November 24, 2020
Home Korea Selatan Terima Rudal Jelajah Taurus

Korea Selatan Terima Rudal Jelajah Taurus

HobbyMiliter.com – Korea Selatan telah menerima lot pertama dari rudal jelajah Taurus KEPD 350K dalam sebuah seremoni di markas perusahaan Taurus Systems di Schrobenhausen, Jerman. Pengumuman ini disampaikan pada tanggal 14 Oktober 2016.

Tidak disebutkan secara pasti berapa unit rudal yang diserahkan kepada Angkatan Udara Korea Selatan dalam kegiatan tersebut, yang terjadi berbarengan dengan disampaikannya pengumuman penyerahan rudal tersebut. Kontrak untuk pengadaan rudal jelajah Taurus KEPD 350K ini ditandatangani pada November 2013. Diperkirakan jumlah rudal yang diakuisisi oleh AU Korea Selatan mencapai 170 hingga 180 unit rudal.

BACA JUGA :  Boeing Perkenalkan Pesawat Latih T-X Untuk US Air Force

Rudal jelajah ini akan di integrasikan pada pesawat tempur Boeing F-15K Slam Eagle milik AU Korea Selatan. Menurut informasi dari pihak MBDA Deutschland, perusahaan pemimpin pada konsorsium Taurus System, pengerjaan proyek ini telah memasuki tahap akhir.

Rudal ini merupakan versi pengembangan dari rudal Taurus KEPD 350 yang digunakan oleh Jerman dan Spanyol pada pesawat tempur Panavia Tornado, Boeing EF-18 Hornet, serta Eurofighter Typhoon milik mereka. Kabar yang beredar menyebut bahwa Swedia juga berminat untuk meng-integrasikan rudal ini untuk pesawat JAS-39 Gripen milik AU Swedia.

BACA JUGA :  Cegah Drone Korut Masuk Wilayahnya, Korsel Akan Kembangkan Senjata Laser Udara

Basis rudal jelajah ini tergolong sebagai persenjataan untuk menghadapi target yang terlindungi dinding beton atau baja tebal dan target yang berada di bawah tanah dengan daya jangkau 350 hingga 500 kilometer dari titik peluncurannya. Hulu ledaknya sendiri menggunakan teknologi hulu ledak penetrator Multi-Effect Penetrator Highly Sophisticated and Target Optimised (MEPHISTO). Sesaat setelah diluncurkan, rudal yang ditenagai mesin turbofan kecil ini akan terbang di ketinggian yang sangat rendah yakni hanya 30 meter diatas permukaan tanah dan mencapai kecepatan 0,9 Mach. Rudal ini memiliki dimensi panjang 5,1 meter ; lebar 63 sentimeter ; tinggi 32 sentimeter ; dan memiliki berat 1.400 kilogram.

BACA JUGA :  Vietnam Peringatkan Tiongkok Untuk Tidak Mengebor Minyak Di Area Sengketa

Rudal jelajah Taurus KEPD 350K untuk AU Korea memiliki sedikit perbedaan dimana rudal ini dilengkapi dengan receiver GPS Rockwell Collins yang menghadirkan fitur Selective Availability Anti-Spoofing Module (SAASM) untuk menggagalkan upaya jamming dari musuh jika mendeteksi keberadaan misil ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di...

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua