Friday, April 26, 2024
HomeAU Iran Gelar Latihan Tempur Pakai Pesawat Buatan AS

AU Iran Gelar Latihan Tempur Pakai Pesawat Buatan AS

Tanker Boeing dan jet tempur F-series milik AU Iran. Sumber: AP
Tanker Boeing dan jet tempur F-series milik AU Iran. Sumber: Washington Beacon/AP

Latihan ini dilaksanakan pasca munculnya komentar dari berbagai pemimpin tinggi Iran yang menuduh Amerika Serikat sengaja melanggar perjanjian nuklir yang telah mereka tandatangani akhir tahun lalu. Iran menuduh keengganan AS untuk mencabut sanksi yang tidak terkait dengan aktivitas nuklir Iran, seperti contohnya dukungan atas terorisme, adalah bentuk pelanggaran dari perjanjian tersebut.

Paragraf ke-37 dari perjanjian antara Iran dan enam negara adidaya di dunia (AS, Tiongkok, Inggris, Rusia, Prancis, dan Jerman) menyebutkan “Iran telah mencatat jika sanksi (atas mereka) tetap diberlakukan sebagian atau seluruhnya, maka Iran akan menganggapnya sebagai alasan untuk tidak mematuhi komitmen dalam perjanjian JCPOA secara sebagian atau menyeluruh.”

BACA JUGA :  Khawatir Aksi Peretasan Terulang, Pentagon: Jangan Pakai Lenovo!

Iran kesal karena Amerika Serikat mengklaim Teheran mendukung terorisme. Penanggung jawab badan kehakiman Iran, Ayatollah Sadeq Larjani mengatakan “Yang mereka sebut sebagai teroris itu ialah Hamas di Palestina dan Hezbollah di Lebanon, pejuang yang mengadakan perlawanan terhadap rezim Zionis.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

sejarah axis power pada perang dunia 2

Sejarah Axis Power Pada Perang Dunia 2

0
Sejarah Axis Power Pada Perang Dunia 2 - HobbyMiliter.com - Apakah kamu sedang ingin mengetahui tentang sejarah Axis power pada perang dunia 2? Apa...

Recent Comments