DSME Luncurkan Kapal Selam Terbaru TNI AL, KRI Ardadedali 404

2
8362
KRI Ardadedali 404 launching
KRI Ardadedali 404 diluncurkan oleh DSME pada 24 Oktober 2016 waktu Korea Selatan. Sumber : JMP / Istimewa.

HobbyMiliter.com – Perusahaan galangan kapal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering atau DSME meluncurkan unit kapal selam Diesel-Elektrik kedua pesanan TNI Angkatan Laut. Kapal selam yang diberi nama KRI Ardadedali dengan pennant number 404, diluncurkan pada tanggal 24 Oktober 2016. Adapun pemaknaan nama Ardadedali yakni mengambil nama dari senjata milik Arjuna yang berupa panah yang berjiwa dengan ujung anak panah yang menyerupai paruh burung.

Kapal selam ini merupakan unit kedua dari tiga unit yang dipesan TNI AL. Nilai kontrak untuk ketiga kapal selam ini sebesar 1,1 Miliar Dollar AS. Kapal pertama, KRI Nagapasa 403 telah diluncurkan pada tanggal 24 Maret 2016 dan masih dalam tahap uji coba sebelum masuk dalam jajaran dinas aktif Satuan Kapal Selam TNI AL.

Peletakan lunas untuk kapal selam unit ketiga telah dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Nantinya, unit kapal selam ketiga akan diselesaikan di PT. PAL Indonesia (Persero) yang bermarkas di Surabaya. Penyelesaian kapal selam ketiga yang dilakukan di dalam negeri sebagai bagian dari proses alih teknologi pembuatan kapal selam untuk dapat meningkatkan kemandirian industri pertahanan dalam negeri milik Indonesia. Sesuai jadwal, penyelesaian unit kapal ketiga akan dilakukan pada bulan Desember 2016. KRI Ardadedali 404 saat ini masih harus menjalani berbagai uji kelayakan sebelum dapat berdinas dalam jajaran Satuan Kapal Selam “Hiu Kencana” TNI AL.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here