Saturday, April 27, 2024
HomeTiongkok dan Filipina Sepakat Berdiskusi Soal Sengketa Laut Cina Selatan

Tiongkok dan Filipina Sepakat Berdiskusi Soal Sengketa Laut Cina Selatan

Xi Jinping dan Rodrigo Duterte. Sumber: ABS News
Xi Jinping dan Rodrigo Duterte. Sumber: ABS News

Tiongkok tidak mengindahkan putusan tersebut dan memilih untuk melanjutkan pembangunan di Scarborough Shoal yang masuk ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif Filipina.

Duterte awalnya mengaku akan mengangkat isu tersebut di Tiongkok, lalu kemudian berubah pikiran karena menurutnya hal tersebut “sangat tidak sopan” jika dibahas di kediaman tuan rumah.

Kedua negara akan mempererat hubungan militer dan meningkatkan angka pertukaran dan kerjasama personil marinir. Presiden Tiongkok Xi Jinping juga akan mengunjungi Filipina dalam waktu yang belum ditentukan.

Kehadiran Duterte di Beijing disambut dengan penghormatan militer. Xi telah berjanji untuk mengucurkan pinjaman lunak senilai $9 miliar untuk membiayai proyek pembangunan Filipina. Tiongkok juga mendukung penuh metode pemberantasan narkoba yang dijalankan oleh Duterte saat ini.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

49-us-air-force-ujicoba-rudal-balistik-minuteman-iii

US Air Force Ujicoba Rudal Balistik Minuteman III Di California

0
Hobbymiliter.com - US Air Force baru saja meluncurkan rudal Minuteman III tanpa amunisi. Peluncuran ini dilakukan di wilayah tengah pantai California, untuk mengujicoba sistem rudal...

Recent Comments