Wednesday, March 27, 2024
HomeTiongkok dan Filipina Sepakat Berdiskusi Soal Sengketa Laut Cina Selatan

Tiongkok dan Filipina Sepakat Berdiskusi Soal Sengketa Laut Cina Selatan

Hobbymiliter.com – Tiongkok dan Filipina telah setuju untuk membahas sengketa Laut Cina Selatan dengan jalan diplomatis. Hal ini disampaikan langsung oleh pemimpin kedua negara saat bertemu di Beijing pekan lalu. Hal ini akan memberi keuntungan bagi Tiongkok yang tidak perlu lagi disibukkan dengan klaim putusan pengadilan tribunal Den Haag. Seperti diketahui, pengadilan tribunal internasional pernah memenangkan Filipina sebagai penggugat dalam sengketa Laut Cina Selatan.

Langkah ini dianggap sebagai strategi Rodrigo Duterte untuk semakin mendekatkan negaranya dengan Tiongkok, baik dalam sektor ekonomi maupun pertahanan. Duterte sebelumnya telah mengumumkan “perpisahan” dengan sekutu lamanya, Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Rusia Akan Produksi Varian Sistem Pertahanan Udara Pantsir Terbaru Pada 2018

“Sebuah mekanisme konsultasi bilateral dapat dimanfaatkan untuk mempertemukan (kedua pihak) mengenai isu terkini dan isu lainnya yang berkaitan dengan Laut Cina Selatan.” Demikian tertulis dalam pernyataan gabungan kedua negara.

Pernyataan kedua negara sama sekali tidak membahas soal hasil putusan pengadilan tribunal Den Haag yang menyatakan bahwa Tiongkok tidak memiliki pijakan secara hukum untuk mengklaim teritori Laut Cina Selatan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Chinese Premier Li Keqiang and Philippines President Rodrigo Duterte pose for photo during the ASEAN Plus Three Summit in Vientiane

Duterte Akan Adakan Latihan Militer Gabungan Bersama Tiongkok dan Rusia

0
Hobbymiliter.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan dirinya siap untuk menjadi tuan rumah latihan militer gabungan bersama Tiongkok, dan mengabaikan kerjasama dengan Amerika Serikat....

Recent Comments