Tiongkok dan Filipina Sepakat Berdiskusi Soal Sengketa Laut Cina Selatan

0
657
86-tiongkok-dan-filipina-sepakat-berdiskusi-sengketa-laut-cina-selatan
Xi Jinping dan Rodrigo Duterte. Sumber: ABS News

Hobbymiliter.com – Tiongkok dan Filipina telah setuju untuk membahas sengketa Laut Cina Selatan dengan jalan diplomatis. Hal ini disampaikan langsung oleh pemimpin kedua negara saat bertemu di Beijing pekan lalu. Hal ini akan memberi keuntungan bagi Tiongkok yang tidak perlu lagi disibukkan dengan klaim putusan pengadilan tribunal Den Haag. Seperti diketahui, pengadilan tribunal internasional pernah memenangkan Filipina sebagai penggugat dalam sengketa Laut Cina Selatan.

Langkah ini dianggap sebagai strategi Rodrigo Duterte untuk semakin mendekatkan negaranya dengan Tiongkok, baik dalam sektor ekonomi maupun pertahanan. Duterte sebelumnya telah mengumumkan “perpisahan” dengan sekutu lamanya, Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Rusia Perkenalkan Rudal ICBM Sarmat

“Sebuah mekanisme konsultasi bilateral dapat dimanfaatkan untuk mempertemukan (kedua pihak) mengenai isu terkini dan isu lainnya yang berkaitan dengan Laut Cina Selatan.” Demikian tertulis dalam pernyataan gabungan kedua negara.

Pernyataan kedua negara sama sekali tidak membahas soal hasil putusan pengadilan tribunal Den Haag yang menyatakan bahwa Tiongkok tidak memiliki pijakan secara hukum untuk mengklaim teritori Laut Cina Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here