Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterDuterte Beri Pasukan AS 2 Tahun Untuk Angkat Kaki Dari Filipina

Duterte Beri Pasukan AS 2 Tahun Untuk Angkat Kaki Dari Filipina

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat bertemu di Tokyo. Sumber: Reuters
Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat bertemu di Tokyo. Sumber: Reuters

Kunjungan Duterte ke Jepang adalah kali pertama ia mengadakan kunjungan kenegaraan pasca berkomunikasi dengan pihak Beijing soal keinginannya “berpisah dari Amerika Serikat.” Pernyataan tersebut kemudian ia ralat di Tokyo, sembari mengklarifikasi bahwa dirinya hanya membahas kerjasama di bidang ekonomi dengan Tiongkok, dan bukan bidang pertahanan dan keamanan.

Jepang yang notabenenya adalah salah sekutu terkuat Amerika Serikat di Asia Pasifik masih mewanti-wanti kebijakan Duterte yang lebih cenderung ke Tiongkok. Tokyo masih berusaha menyeimbangkan kekuatan politiknya pasca bersengketa dengan Tiongkok soal kepemilikan pulau Senkaku/Diaoyu.

BACA JUGA :  Vektor G12 20mm : PSU Milik KRI Clurit 641

Namun Duterte sangat menghendaki Jepang untuk tetap menjadi sekutu utama Filipina, baik di bidang ekonomi maupun teknologi pertahanan. Duterte menyebut Jepang sebagai “teman spesial yang lebih dekat daripada saudara kandung,” dan berjanji bahwa Filipina akan terus bekerja beriringan dengan Tokyo terutama dalam menyelesaikan sengketa Laut Cina Selatan.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sky Dragon 50 in display

NORINCO Tawarkan Sky Dragon Medium SAM Ke Indonesia

0
HobbyMiliter.com - Perusahaan pertahanan asal China, China North Industries Corporation (NORINCO) menawarkan sistem rudal pertahanan udara jarak menengah atau Medium SAM Sky Dragon kepada Indonesia.Tentara...

Recent Comments