Koalisi AS Siap Lancarkan Operasi Pembebasan Raqqa dari Tangan ISIS

0
608
3-koalisi-as-siap-bebaskan-raqqa-dari-tangan-isis
Militan ISIS tiba di Raqqa pada Mei 2014. Sumber: Reuters

Hobbymiliter.com – Koalisi pimpinan Amerika Serikat di Suriah berencana untuk menyerang Daesh (ISIS) secara besar-besaran, dengan melancarkan operasi gabungan untuk mengisolasi kota Raqqa yang menjadi sarang ISIS di Suriah. Pada saat yang bersamaan, koalisi juga akan tetap melanjutkan pergerakan untuk membebaskan Mosul di Irak.

“Kami semua merasa penting untuk terus menekan ISIL (ISIS), terutama pada momen-momen seperti sekarang ini. Ini karena mereka sedang merasa tertekan di Mosul,” ujar jurubicara Pentagon, Peter Cook. “Upaya untuk membebaskan Raqqa akan berlangsung, seperti yang suidah dijelaskan oleh Menteri (Pertahanan Ash Carter). Waktunya ialah beberapa minggu (ke depan).”

BACA JUGA :  Situs Nuklir Aktif, Korut Bersiap Lancarkan Ujicoba Nuklir Terbarunya

Ketika ditanya soal perselisihan antara Turki dan Amerika Serikat soal konsep operasi pembebasan Raqqa, Cook menjawab, Ankara dan Washington masih berusaha untuk mencari jalan keluar soal metode yang cocok untuk mengusir ISIS dari “ibukotanya” tersebut.

Pekan lalu, Menhan AS Ash Carter mengatakan pihak koalisi AS perlu segera mengisolasi kota Raqqa dan memanfaatkan militan-militan lokal di lapangan, termasuk diantaranya militan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Partai Persatuan Demokratik (PYD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here