Saturday, June 25, 2022
HomeUnit Pertama Pesawat P-8A Tiba Di Australia

Unit Pertama Pesawat P-8A Tiba Di Australia

HobbyMiliter.com – Unit pertama dari 15 unit pesawat multi-misi maritim Boeing P-8A Poseidon pesanan Australia telah tiba di negara tersebut. Unit pesawat tersebut tiba pada tanggal 16 november 2016 lalu.

Pesawat tersebut diserah-terima kan dalam sebuah acara seremonial yang dilakukan di kota Canberra. Acara seremonial tersebut dihadiri oleh Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull serta pejabat politik dan militer Australia.

Begitu resmi memasuki masa operasional dalam jajaran Angkatan Udara Australia (Royal Australian Air Force atau RAAF), P-8A akan menggantikan sebanyak 19 unit pesawat patroli maritim AP-3C Orion yang dioperasikan skuadron 10 dan skuadron 11 RAAF dengan pangkalan di Edinburgh di Australia bagian Selatan. Dari 15 unit pesawat yang direncanakan dalam Buku Putih Pertahanan Australia tahun 2016, sebanyak 12 unit sedang diproduksi dalam kontrak kerja dengan waktu pengiriman secara bertahap hingga bulan Maret 2020.

BACA JUGA :  Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Angkatan Udara Australia berencana hendak mengoperasikan pesawat P-8A tersebut berdampingan dengan 7 unit sistem UAV MQ-4C Triton besutan perusahaan Northrop Grumman asal Amerika Serikat. Sejalan dengan pengiriman unit pertama pesawat tersebut, RAAF bersiap untuk pengoperasian pesawat terbarunya tersebut dengan mengadakan pelatihan kru pengawak pesawat di Naval Air Station Jacksonville di Florida, Amerika Serikat. Sebanyak 40 orang personel dari RAAF berlatih bersama dengan personel Amerika Serikat dan Inggris.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

22-arab-saudi-luncurkan-pasukan-darat-dan-jet-tempur-dari-turki

Intervensi Suriah, Arab Saudi Akan Luncurkan Pasukan Darat dan Jet Tempur...

0
Hobbymiliter.com - Arab Saudi akan meluncurkan jet tempur dan personil militer mereka menuju Pangkalan Udara Incirlik yang berada di sebelah selatan wilayah Turki. Demikian disampaikan...

Recent Comments