Thursday, June 30, 2022
HomeArtileri Pertahanan Udara PGZ-95, Senjata Anti Pesawat China

Artileri Pertahanan Udara PGZ-95, Senjata Anti Pesawat China

Artileri Pertahanan Udara China PGZ-95
Artileri Pertahanan Udara China PGZ-95

RADAR PENJEJAK PGZ-95

Untuk menjamin akurasi penembakan semua senjata andalan PGZ-95, Norinco mengadopsi alat bidik dan perangkat penjejak sasaran berteknologi elektro-optik yang dipandu sinar infra merah Tipe 86 yang dapat beroperasi baik pada siang maupun malam hari. Perangkat yang dipasang pada bagian depan kubah senjata ini dilengkapi kamera penjejak biasa (berjangkauan 6.000 meter), kamera penjejak sasaran berpanduan infra merah (berjangkauan 5.000 meter) dan alat penentu sasaran berpanduan sinar laser (berjangkauan 500 – 5.000 meter dengan derajat akurasi lima meter). Setelah menilai kondisi calon sasaran yang bakal dihancurkan lewat data yang disajikan ketiga alat ini maka juru senjata PGZ-95 tinggal memilih jenis senjata mana yang sesuai dan kemudian mengarahkan senjata menuju lokasi sasaran dengan bantuan tongkat kendali gerak (joy stick).

BACA JUGA :  Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China

Selain seabrek alat penjejak, PGZ-95 juga dibekali radar pencari sasaran CLC-1 yang dipasang pada atap kubah senjata. Radar ini beroperasi pada pita frekuensi gelombang S dengan jangkauan deteksi 11 kilometer. Menurut perancangnya, jangka waktu reaksi radar ini dalam kondisi operasional search mode 10 detik sedangkan dalam kondisi operasional optical mode enam detik. Guna mengurangi ketinggian fisik totalnya maka piringan radar CLC-1 dapat direbahkan ke depan merapat bagian atas kubah senjata. Khusus untuk kendaraan yang bertindak selaku pos komando baterai, selain radar CLC-1 juga ada radar pengamat CLC-2 PD yang berjangkauan deteksi sejauh 45 kilometer dan setinggi 4,5 kilometer. Data perolehan radar ini dapat diolah hanya dalam waktu lima detik untuk selanjutnya diteruskan kepada setiap unit PGZ-95.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Biografi Abdoel Moeis

Biografi Abdoel Moeis

0
Biografi Abdoel Moeis, Pahlawan Nasional Dari Sumatera barat - HobbyMiliter.com - Abdoel Moeis lahir di Sungai Puar Agam Sumatera Barat 3 Juli 1883. Beliau...

Recent Comments