Sunday, November 28, 2021
HomeKekuatan Udara Militer Korea Utara

Kekuatan Udara Militer Korea Utara

Untuk itu, lebih 420 penempur, pengebom, angkut, dan heli, digelar sejak 1995. Dari jumlah itu, lebih 100 pesawat dikirim ke tiga pangkalan terdepan. Di sinilah kuncinya. Karena dari pangkalan terdepan ke Seoul, jaraknya hanya dalam hitungan menit.

Deretan MiG-17 Korea Utara pada sebuah Pangkalan Udara 130 Km dr Seoul
Deretan MiG-17 Korea Utara pada sebuah Pangkalan Udara 130 Km dr Seoul

Sekitar dua lusin pengebom Il 28 Beagle ditempatkan di Taetan. Jarak tempuh ke Seoul berkisar 10-30 menit, tergantung kebutuhan. Sejumlah 80 MiG-17 digeser ke Nuchonri dan Kuupri. Dari Kuupri ke Seoul, tak lebih enam menit. Dengan keputusan ini, Korut membentuk unsur penyerangan dua lapis. Lapis pertama (first strike) berkekuatan MiG-17 dan lapis kedua ada MiG-21 Fishbed serta Su-25 Frogfoot.

BACA JUGA :  Korea Utara Luncurkan Video Ujicoba Misil Kapal Selam

Sayangnya walau jumlah armada pesawat tempur cukup memadai, Korut agak lengah dalam dua hal. Pertama soal peran penting helikopter tempur. Soal ini tidak ditampik Pyongyang. “Kami memang telat memikirkan peran heli dalam pertempuran,” ujar se-orang jenderal KPAAF. Menurut data yang tersedia, KPAAF baru memulai pembelian heli tempur pada 1980-an.

Deretan MiG-21 Korea Utara pada sebuah lanud 120 Km dari Seoul
Deretan MiG-21 Korea Utara pada sebuah lanud 120 Km dari Seoul

Telat selangkah untuk maju seribu langkah. Itu lah paham yang dianut. Benar saja. Dalam waktu relatif singkat, jumlah armada heli melambung hampir delapan kali lipat. Kalau sebelumnya 40, belakangan jadi 300 heli.

BACA JUGA :  Penghancuran Pusat Komando Drone, Kenapa Tidak??

Uniknya, Korut berhasil memboyong 87 unit heli Hughes MD-500 justru dari Amerika Serikat. Laporan intelijen mengindi-kasikan, setidaknya 60 MD-500 dimodifikasi jadi heli tempur. Mungkin ingin disetarakan dengan AH-6 Little bird.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua