Friday, December 3, 2021
HomeKekuatan Udara Militer Korea Utara

Kekuatan Udara Militer Korea Utara

Kelengahan kedua bisa dibilang sedikit fatal. Beda dengan India, Pakistan, atau Taiwan yang berjuang memberdayakan industri dalam negeri, Korut malah sebaliknya. Negara di semenanjung itu luput mengembangkan industri perakitan dan pembuatan pesawat. Dengan kata lain, asyik beli pesawat tapi lupa alih teknologi. Namun begitu, kota kecil Tokhyon dikenal sebagai pusat suku cadang dan amunisi pesawat.

Deretan MD500 Korea Utara pada sebuah lanud 110 Km dari Seoul
Deretan MD500 Korea Utara pada sebuah lanud 110 Km dari Seoul

Selain kerepotan mengendus pembelian senjata, pihak Barat juga mengaku sulit melacak kemampuan penerbang KPAAF. Apakah mereka memiliki simulator canggih dan bagaimana pelatihan diberikan, masih pertanyaan besar. Walau Buku Putih pertahanan menyebutkan bahwa level pelatihan mereka 60 persen dibanding pihak Selatan, toh, tidak ditelan mentah-mentah. Pihak Barat hanya percaya kisarannya antara 20-30 persen.

BACA JUGA :  Rusia Luncurkan Unit Kedua Kapal Selam Kelas Lada

Lepas urusan jumlah dan penempatan pesawat tempur, sebenamya AS beserta Jepang dan Korsel, lebih bergidik mengetahui kemampuan rudalnya. Korut memiliki rudal No-dong (jarak menengah) dan Taepo-dong (jarak jauh) yang dipropagandakan mampu menjangkau Pantai Barat AS.

Taepo-dong 1 konon mampu mengusung hulu ledak seberat 1.000 – 1.500 kilogram ke target sejauh 2.500 kilometer. Lebih dahsyatlagi Taepo-dong 2, mampu dijatuhkanpada titik sejauh 8.000 kilometer. Sebagai ilustrasi, jika ditembakan dari Aceh jatuhnya mungkin di Honolulu.

Dilihat dari pernyataan bahwa Korut dilindungi 1.620 pesawat, 70.000 personil, dan mungkin puluhan rudal balistik, pantaslah AS sedikit miris. Apalagi tetangga terdekat Korut adalah Korsel dan Jepang, sahabat Amerika.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua