Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterUdar UCGV: Robot Lapis Baja Berplatform Tank BMP-3

Udar UCGV: Robot Lapis Baja Berplatform Tank BMP-3

HobbyMiliter.com – Udar UCGV: Robot Lapis Baja Berplatform Tank BMP-3. Bisa dikatakan platform kendaraan tempur amfibi BMP-3 lumayan sukses di pasaran ekspor ataupun dalam militer Rusia. Setelah muncul dalam wujud IFV (Infantry Fighting Vehicle) BMP-3F, lalu disusul SPM (Self Propelled Mortar) 2S31 Vena, hingga pada khirnya APC (Armoured Personnel Carrier) BT-3F, kemudian BMP-3 dikembangkan lagi menjadi robot tempur tak berawak, seluruhnya menggunakan sistem otomatis didalam rancangan “Udar” Unmanned Combat Ground Vehicle (UCGV).

Udar apabila dalam bahasa Inggris artinye “Strike”, oleh Kovrov-based VNII Signal scientific-research institute dikembangkan dengan teknologi fully autonomous robotic system. Udar UCGV bertujuan sebagai sarana mensupport misi fighting and reconnaissance. Berbasiskan platform tank battle proven, Udar mempu berperan sebagai ‘drone darat’ yang mampu menerjang medan sulit serta dilengkapi dengan lapis baja yang maksimal.

BACA JUGA :  Iran Kirim Kapal Perusak Ke Yaman, Potensi Konflik Dengan AS Meluas

Karir Udar UCGV muncuk pertama kalinya di Innovation Days 2015 Defense Exhibition yang diadakan oleh Kemenhan Rusia, di bulan Oktober 2015. Di dalam event itu, Udar sukses memperagakan oleh gerak dan penembakkan. Untuk potensi pasarnya, Udar didesain menggunakan kubah tipe modular, sehingga sangat mudah dipasangkan dengan beragam jenis senjata, mulai dari senjata mesin, kanon RCWS (Remote Control Weapon System) hingga rudal anti tank.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

MiG-21 Fishbed

Kisah Intelijen: Pembelotan Pilot MiG-21 Irak ke Israel

0
Kisah Intelijen: Pembelotan Pilot MiG-21 Irak ke Israel - HobbyMiliter.com. MiG-21 adalah pesawat fenomenal. Di tahun 60-an, pesawat ini dianggap masterpiecenya Soviet. MiG-21 hingga...

Recent Comments