Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterDog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51

Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51

Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51. Tentu kita berpikir, ‘milik siapakah Su-27 yang digunakan dalam dog fight tersebut?‘ atau ‘bagaimana Amerika Serikat bisa mendapatkan Su-27 buatan Rusia, yang notabene merupakan lawan nya secara politis dan militer?

Jawaban nya, ternyata pesawat tersebut dibeli oleh pihak sipil di Amerika. Kemungkinan besar, pesawat tersebut merupakan satu dari tiga unit Su-27 yang tercatat dimiliki oleh badan sipil di Amerika Serikat.

Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51
Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51. Tampak kedua pesawat menjauh setelah berpapasan dan sama-sama mengincar posisi belakang musuh agar dapat melakukan belokan dan mengunci musuh. Sumber : theaviationist.com

 

Berdasarkan penelusuran tim HobbyMiliter.com , ditemukan sebanyak 3 unit pesawat jet tempur Sukhoi Su-27 dengan registrasi untuk sipil dari Badan Administrasi Penerbangan Amerika Serikat atau Federal Aviation Administration. Dua diantaranya merupakan pesawat yang dibeli dari Ukraina pada medio 2009, dan telah di-demiliterisasikan, dikembalikan umur airframe nya ke ‘zero-time’ yang merupakan keadaan ‘seperti baru dari pabrik’, serta telah diubah keseluruhan bahasa pengoperasian perangkat ke bahasa Inggris. Dua unit pesawat eks Angkatan Udara Ukraina tersebut termasuk dalam varian kursi ganda Su-27UB yang dalam kode NATO merupakan unit Flanker-C.

BACA JUGA :  Kapal Selam Kelas Suffren Pertama AL Prancis Resmi Beroperasi

Kedua unit Su-27UB tersebut dibeli oleh perusahaan Pride Aircraft, Inc. yang merupakan sebuah perusahaan aviasi sipil yang berbasis di Amerika Serikat. Kemudian oleh perusahaan tersebut, unit Su-27UB tersebut dijual ke sipil dengan harga 5 juta Dollar AS.

Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51.
Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51. Siluet kokpit dengan kursi tunggal terlihat samar akibat pengambilan gambar dalam kondisi pesawat bergerak dalam kecepatan tinggi.
Sumber : theaviationist.com

Namun, ada satu hal yang cukup menarik perhatian. Unit Su-27 yang dilihat oleh Phil Drake merupakan unit Su-27P varian kursi tunggal atau single seater. Ini jelas bertentangan dengan unit Su-27UB yang dijual oleh Pride Aircraft dan diregistrasi sipil oleh FAA. Artinya, diluar 2 unit Su-27UB dengan registrasi sipil FAA, ada satu lagi pesawat Su-27 yang masih dapat diterbangkan di Amerika Serikat.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

4 COMMENTS

  1. Kalo gak salah su27 yg dijual negara mana gitu ke amerika. Tapi semua perangkat lunaknya di lucuti sebelum dijual ke amerika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

24-koran-pro-erdogan-tuduh-jenderal-as-dalang-dibalik-kudeta-turki

Koran Pro-Erdogan Tuduh Jenderal AS Dalang Dibalik Kudeta Turki

0
Hobbymiliter.com - Kantor berita yang menjadi corong media bagi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, serta Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), Yeni Safak, menerbitkan sebuah...

Recent Comments