Thursday, September 24, 2020
Home Blog Militer FC-31, Jet Tempur Siluman Dari China, Murah Tapi Bukan Murahan

FC-31, Jet Tempur Siluman Dari China, Murah Tapi Bukan Murahan

FC-31, Jet Tempur Siluman Dari China, Murah Tapi Bukan Murahan. Shenyang FC-31 merupakan sebuah pesawat tempur berteknologi stealth atau siluman yang dikembangkan oleh perusahaan Shenyang Aircraft Corporation. Pesawat ini diklaim oleh Tiongkok masuk dalam jenis pesawat tempur generasi ke lima atau fifth generation. Pesawat tempur generasi ke lima merupakan generasi dimana pesawat tempur telah memiliki fitur stealth atau siluman. Fitur siluman tersebut adalah jika ia hendak beroperasi di wilayah musuh, ia dapat ‘menghilangkan’ dirinya dari pantauan radar milik musuh, sehingga ia dapat beroperasi nyaris tanpa hambatan saat menyerang musuh.

Oleh sebagian pengamat militer dari Barat dan kalangan antusias militer, FC-31 dijuluki sebagai “Gyrfalcon” atau “Elang Falcon”. Beberapa pihak juga menuding bahwa FC-31 merupakan ‘tiruan dari F-35’  karena secara sekilas jika kita melihat dan membandingkan kedua pesawat memang ada kemiripan dalam bentuk fisik kedua pesawat tersebut.

BACA JUGA :  India Usir Wartawan Media Pemerintah Tiongkok, Beijing Geram

1. Sejarah Pengembangan

FC-31 diduga dikembangkan sejak medio 2008. Tidak ada yang tahu pasti kapan pesawat ini mulai dikembangkan, namun, foto tentang prototype pertama pesawat ini yang diberi nomor identifikasi model F-60 mencuat di internet pada bulan September 2011. Tahun berikutnya, serangkaian foto dan video klip yang diunggah di internet menunjukkan sebuah pesawat – kemungkinan merupakan model F-60 – sedang dibawa oleh truk pengangkut melalui jalur darat dengan dibungkus oleh material pembungkus kargo menghebohkan kalangan antusias militer internasional kala itu.

Fakta tentang kehadiran jet tempur FC-31 kemudian mulai sedikit demi sedikit terkuak – dan dibuka ke publik internasional – melalui berbagai foto dan video yang beredar di internet. Prototip pesawat tempur ini melaksanakan sejumlah tes sebelum mengudara untuk pertama kali pada tahun 2012. Tes tersebut diantaranya tes high speed taxiing yakni melakukan taxi run, gerakan sebelum lepas landas, dengan kecepatan tinggi.

Prototip pesawat tempur ini kemudian melaksanakan “maiden flight” atau penerbangan perdana pada 31 Oktober 2012. Prototip yang melaksanakan penerbangan yakni prototip dengan nomor identifikasi 31001. Uji terbang perdana dilakukan selama 10 menit dengan dikawal oleh dua unit pesawat tempur J-11. Dalam uji terbang tersebut tampak bahwa prototip perdana pesawat tempur FC-31 tersebut tidak memasukkan roda pendaratan yang dimilikinya.

BACA JUGA :  Kejutan Beijing: Ekspor Senjata Tiongkok Naik Dua Kali Lipat

FC-31, Jet Tempur Siluman Dari China, Murah Tapi Bukan Murahan
FC-31, Jet Tempur Siluman Dari China, Murah Tapi Bukan Murahan. Model miniatur pesawat FC-31 yang dipajang di Zhuhai Airshow, kemungkinan pada acara tahun 2014.
Sumber : janes.com

2. Perkenalan Ke Publik

Sebuah model miniatur pesawat tempur J-31 dengan skala 1:4 ditampilkan pada acara eksibisi penerbangan China, Zhuhai Airshow atau China International Aviation & Aerospace Exhibition 2012. Seolah menunjukkan sebuah klu bahwa pihak AVIC sebagai produsen pesawat tersebut, berniat menjual pesawat tempur tersebut ke pangsa ekspor atau internasional. Kemungkinan, pangsa pasar yang coba dibidik pesawat ini ialah kepada “negara – negara yang tidak dapat atau tidak mampu membeli pesawat tempur F-35”.

Secara resmi, sebenarnya FC-31 baru dapat dikatakan ‘diluncurkan’ pada acara Zhuhai Airshow 2014. Ini dapat dilihat dari adanya liputan siaran televisi selama acara peluncuran pesawat tersebut. Chairman AVIC, Lin Zuoming, mengklaim bahwa pendanaan bagi proyek riset dan pengembangan pesawat tempur FC-31 diperoleh sepenuhnya melalui perusahaan tersebut, tanpa ada dukungan dari pihak pemerintah Tiongkok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua