Wednesday, May 22, 2024
HomeBlog MiliterHanya 5 dari 28 Negara Anggota NATO Yang Belanja Militernya Ideal

Hanya 5 dari 28 Negara Anggota NATO Yang Belanja Militernya Ideal

Keberangkatan pasukan Jerman ke Lithuania, 19 Jan 2017. Sumber: AP Photo

Presiden AS, Donald Trump berulang kali mempertanyakan komitmen negaranya untuk NATO di hadapan publik. Beberapa hari menjelang pelantikannya pekan lalu, ia juga pernah menuduh NATO sebagai organisasi “usang” yang “tidak bersikap adil terhadap Amerika Serikat.”

AS sendiri membelanjakan mayoritas anggaran pertahanan NATO di angka $650 miliar (8560 triliun rupiah) pada 2016 silam. Angka ini hampir dua kali lipat ketimbang total belanja pertahanan 27 negara anggota NATO lainnya.

Jerman saat ini hanya membelanjakan 1,2 persen produk domestik brutonya untuk anggaran pertahanan. Namun Berlin sudah berjanji untuk memenuhi angka rekomendasi diatas. Demikian juga halnya dengan Rumania.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

AS Setujui Penjualan Rudal Anti Radiasi Ke Australia

AS Setujui Penjualan Rudal Anti Radiasi Ke Australia

0
HobbyMiliter.com - AS Setujui Penjualan Rudal Anti Radiasi Ke Australia. Pemerintah Amerika Serikat dikabarkan menyetujui permohonan penjualan peluru kendali atau rudal anti radiasi bagi Australia. Dilansir...

Recent Comments