AU Australia Lengkapi Jet Tempur Super Hornet Dengan IRST. Perangkat IRST AN/ASG-34 Sedang Dipasang Pada Pesawat Jet Tempur F/A-18 F Super Hornet Milik Amerika Serikat.Sumber : jane's

HobbyMiliter.com – AU Australia Lengkapi Jet Tempur Super Hornet Dengan IRST. Angkatan Udara Australia (Royal Australian Air Force atau biasa disingkat RAAF) dikabarkan berencana melengkapi pesawat jet tempur F/A-18 F Super Hornet yang dimilikinya dengan perlengkapan Infra Red Search and Track atau biasa disingkat IRST. Perangkat IRST yang rencananya akan dipasangkan pada pesawat jet tempur F/A-18 F Super Hornet milik RAAF yakni perangkat AN/ASG-34 IRST Pod. Pod IRST ini merupakan jenis pod yang sama yang digunakan oleh pesawat jet tempur sejenis yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat alias US Navy.

Pod IRST AN/ASG-34 merupakan pod IRST yang cukup unik karena penempatannya tidak seperti sistem IRST lainnya yang dipasang pada badan pesawat. Sistem IRST AN/ASG-34 merupakan sistem yang didesain untuk dapat dipasangkan pada sebuah tanki bahan bakar cadangan yang sudah di modifikasi. Tanki bahan bakar cadangan ini dibagi menjadi dua bagian dimana pada bagian depan merupakan posisi penempatan perlengkapan sistem IRST, sementara pada bagian belakang tetap digunakan sebagai tanki bahan bakar cadangan. Menurut informasi awal, sebanyak 12 unit perangkat sistem IRST ini dibeli dari Amerika Serikat untuk memperlengkapi armada pesawat jet tempur F/A-18 F Super Hornet milik RAAF. RAAF sendiri tercatat mengoperasikan tidak kurang dari 24 unit pesawat jet tempur multi-peran F/A-18F Super Hornet tersebut.

Baca juga :   Parlemen AS Siap Membalikkan Veto Obama Soal UU 11 September

Meski tidak diberitakan secara detail, kontrak pembelian sistem IRST ini akan berlangsung selama 36 bulan kedepan. Artinya, secara bertahap dalam 3 tahun kebutuhan RAAF tersebut akan dipenuhi oleh AS.

Dikembangkan oleh tiga perusahaan sekaligus, yakni Boeing, Lockheed Martin, dan General Electric, sistem IRST AN/ASG-34 dapat menjadi solusi taktis-efektif bagi armada jet tempur Super Hornet yang dimiliki oleh Australia. Meski dipasang pada bagian tengah-bawah badan pesawat (centreline underneath), pihak Boeing menyebut bahwa performa perangkat IRST tersebut tidak akan berkurang. Meski ditempatkan pada bagian bawah pesawat, Boeing menyebut bahwa perangkat IRST ini tetap dapat digunakan untuk mendeteksi target yang terbang lebih tinggi daripada posisi pesawat jet tempur Super Hornet tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here