Friday, January 27, 2023
HomeBlog MiliterRX-550: Roket Balistik Buatan LAPAN

RX-550: Roket Balistik Buatan LAPAN

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah melakukan penelitian dan pengembangan roket nasional semenjak tahun 1964. Indonesia merupakan negara kedua di kawasan Asia dan Afrika yang telah meluncurkan roketnya sendiri (roket Kartika), setelah Jepang. Tapi sangat disayangkan Indonesia belum mampu alih-teknologi sehingga kerapkali berakhir sebagai konsumen.

Dengan berbekal dana hingga Rp 5 miliar, Lapan terus berusaha mewujudkan Roket Xperimental 550 (RX-550). Proyek ini dimulai di tahun 2011, tapi sangat disayangkan RX-550 masih harus menjalani berbagai uji statis yang disebabkan oleh beberapa kendala. Jika RX-550 ini bisa sukses, maka LAPAN akan mampu mengembangkan missile jarak jauh atau rudal balistik untuk memperkuat pertahanan udara nasional. Lalu langkah selanjutnya adalah menyiapkan sistem kontrol untuk rudal balistik ini.

2 COMMENTS

  1. Kita punya banyak rudal dari negara rusia atupun amerika.. kenapa tidak di tiru aja prosesnya.. saya lihat di youtube banyak anak remaja yg buat roket… kenapa kita masih terkendala saja… banyak tenaga muda indonesia yg menjuarai kontes robot. Banyak orang kita yang ahli komputer banyak orang kita ahli telekomunikasi. Kita punya satelit. kenapa tidak di rekrut saja. Atau di adakan kompetensi membuat roket yg bisa di kendalikan…mungkin ide anak muda lebih brilian..

  2. Maunya yang unik terbarukan orisinil tanpa ikut2an produk negara lain, tapi ya tetap saja negara peniru tetaplah menghasilkan produk tiruan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

88-nato-tekan-uni-eropa-terjunkan-ribuan-personil-ke-perbatasan-rusia

NATO Tekan Uni Eropa Untuk Kirim Ribuan Personil Tambahan Ke Perbatasan...

0
Hobbymiliter.com - NATO memilih mengambil kebijakan agresif dengan menempatkan ribuan lebih tambahan tentara di perbatasan Rusia demi mengantisipasi langkah Putin yang semakin getol meningkatkan...

Recent Comments