Friday, April 26, 2024
HomeBlog MiliterPotensi Boeing P-8 Poseidon Untuk Patroli Maritim TNI AU

Potensi Boeing P-8 Poseidon Untuk Patroli Maritim TNI AU

Seperti harapan sang penerbang, Boeing juga sempat mengatakan kalau Indonesia tengah mengkaji untuk pemesanan Poseidon untuk mendukung armada Patmar (Patroli Maritim). Tentunya pilihan yang tepat apabila TNI AU nantinya akan mengoperasikan P-8 Poseidon, bisa dibilang kalau Poseidon merupakan pesawat intai maritim paling canggih, selain pada sistem elektronik sensor serta radar, Poseidon juga mampu mengusung peran dalam situasi pertempuran, salah satu kelebihannya yaitu adanya ruang internal senjata (weapons bay). Senjata yang mampu dibawa pesawat ini juga tergolong mengesankan, contohnya saja seperti rudal anti kapal AGM-84 Harpoon, rudal udara ke permukaan AGM-84H/K SLAM-ER, ranjau laut MK52, torpedo MK54, hingga bom laut (depth charge). Pada intinya Poseidon memiliki kemampuan untuk memburu dan menghancurkan kapal selam. Tak cukup hanya weapons bay, ternyata bagian sayap juga mampu ditempeli pengait senjata.

BACA JUGA :  Kapal Perang AS Dan Kapal Perang Iran Nyaris Bersinggungan Di Teluk Persia

Kualitas tentuny berbanding lurus dengan harga, dan pastinya harga Poseidon ini juga sangat mahal, yaitu US$201,4 juta per unitnya. Melihat harga yang cukup mahal inilah, terdapat keraguan apakah Indonesia ‘mampu’ memiliki Poseidon. Tetapi jika ada niat serta kemauan, pasti juga ada jalan, seperti pembelian 8 unit helikopter AH-64 Apache mampu dibeli oleh Indonesia menggunakan bantuan kredit ekspor dari Negara AS. AH-64 Apache juga merupakan produksi Boeing, hal ini secara tidak langsung akan memberikan kemudahan Indonesia dalam bernegosiasi harga nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

pengecoh serangan rudal

Sang Pengecoh Serangan Rudal pada Korvet Fatahillah Class

0
Sang Pengecoh Serangan Rudal pada Korvet Fatahillah Class - HobbyMiliter.com – Usianya sudah cukup tua, karena memang korvet Fatahillah Class sudah bertugas selama 37...
Periskop pada MiG-29 UB.

Periskop di MiG-29UB

Recent Comments