Thursday, March 28, 2024
HomeBlog MiliterOV-10F Bronco, Pesawat Pemburu GPK (Gerakan Pengacau Keamanan)

OV-10F Bronco, Pesawat Pemburu GPK (Gerakan Pengacau Keamanan)

HobbyMiliter.com – OV-10F Bronco, Pesawat Pemburu GPK (Gerakan Pengacau Keamanan). Sepak terjang GPK (Gerakan Pengacau Keamanan) memang harus ditanggulangi menggunakan tindakan yang tegas, termasuk menggunakan kekuatan militer. Dari beragam cara untuk menumpas gangguan GPK, salah satunya bisa menggunakan pesawat tempur OV-10F Bronco. Pesawat yang bermesin turbo propeller (baling-baling), Bronco memang cocok untuk misi penanggulangan anti gerilya, kecepatan terbang yang tak terlampau cepat sangat pas untuk ”menghajar” secara tepat titik-titik terjadinya GPK.

Bronco termasuk pesawat yang memiliki karir tempur yang cukup tinggi, tak hanya di masa perang Vietnam, pesawat yang memiliki julukan ”Kampret” ini juga memiliki reputasi cukup menakjubkan di medan tempur Indonesia. Debutnya sangat terlihat ketika memberikan BTU (bantuan tembakan udara) pada operasi Seroja menumpas Fretilin di Timor-Timur, selain itu Bronco juga berperan aktif pada operasi penumpasan GPK Aceh Merdeka. Serta operas-operasi lainnya yang tak kalah hebat.

BACA JUGA :  Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan

bronco 2

TNI AU mendatangkan Bronco untuk menggantikan P-51 Mustang ”Cocor Merah” yang telah uzur di tahun 70 an. Bronco dianggap paling cocok melaksanakan operasi dalam negeri, lebih tepatnya untuk menumpas pemberontakan yang kerap kali melanda Tanah Air. Dikarenakan Bronco memiliki persenjataan untuk anti personel. Yaitu mengusung 4 pucuk senjata berkaliber 12,7 mm pada tiap sponsonnya (telah dimodifikasi), dan juga 5 buah station di bagian bawah fuselage bomb yang memiliki multifungsi, mampu membawa bom 100 Kg hingga 250 Kg berjenis ZAB, MK-28, OFAB serta bisa juga mengusung peluncur roket FFAR.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Butir Butir P4

36 Butir Butir P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila)

0
HobbyMiliter.com - 36 Butir Butir P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila).Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila (disingkat P4, sehingga isinya diistilahkan sebagai butir butir P4) atau...

Recent Comments