Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterBerita MiliterMengintip Kekuatan Militer Malaysia

Mengintip Kekuatan Militer Malaysia

AIM-9X digunakan oleh militer AS mulai tahun 2003, sampai saat ini sudah digunakan sekitar 40 negara. Pengoperasiannya terintegrasi dalam joint mounted helmet mounted cuing system (JHMCS) produksi Boeing yang dipakai pilot. Membuat AIM-9X menjadi rudal paling ampuh yang melengkapi jet-jet tempur milik AS seperti F-22 Raptor hingga F-15 Strike Eagle.

Selain menggunakan SM-39 Exocet, sama seperti yang dimiliki TNI AL, TLDM juga menggunakan rudal anti kapal MM-38 Exocet, bahkan versi terbarunya yaitu MM-40 Block II Exocet yang dipasang pada frigat kelas Lekiu. Untuk meningkatkan daya serang frigat ini juga dilengkapi rudal Sea Wolf. Sea Wolf adalah pengembangan rudal Sea cat yang tak digunakan lagi. Sea Wolf mampu mencapai target hingga 10 Km, dioperasikan secara sea skimming.

BACA JUGA :  BAE Tawarkan Bantuan Pendanaan Jika Malaysia Beli Eurofighter Typhoon

Untuk rudal Yakhont, dikabarkan Malaysia juga melirik rudal Brahmos, atau varian Yakhont produksi India. Jika nanti Malaysia juga membeli Brahmos, maka kekuatan rudal jelajah anti kapalnya akan setara dengan TNI AL. Pengadaan Brahmos/Yakhont sangat memungkinkan dilakukan oleh Malaysia, melihat Negara ini sering kali mengikuti alutsista Indonesia, sama halnya ketika pemesanan Sukhoi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

mesin 1

F100-PW220/E: Rahasia Mesin Jet Tempur F-16 Block 52ID

0
HobbyMiliter.com – F100-PW220/E: Rahasia Mesin Jet Tempur F-16 Block 52ID. Pada “Peace Bima Sena II” dikatakan bahwa TNI AU akan memesan sebanyak 24 unit...

Recent Comments