Saturday, October 16, 2021
HomeBerita Militer DuniaMiliter AmerikaLockheed Martin Siapkan Radar L Band Terbarunya Untuk Di Produksi

Lockheed Martin Siapkan Radar L Band Terbarunya Untuk Di Produksi

Lockheed Martin Siapkan Radar L Band Terbarunya Untuk Di Produksi – HobbyMiliter.com – Lockheed Martin, perusahaan raksasa industri pertahanan asal Amerika Serikat dikabarkan tengah menyiapkan radar dengan frekuensi L Band terbarunya untuk mulai memasuki tahap produksi massal. Ini ditandai dengan diselesaikannya pembangunan prototip skala penuh atau full-scale prototype yang diwartakan oleh situs informasi militer dan pertahanan dan keamanan internasional Janes.

Radar yang untuk sementara dinamai TPY-X ini merupakan radar Multi-mission yang berbasis di darat. TPY-X dibangun sebagai bagian dari upaya serta visi Lockheed Martin untuk tetap mempertahankan lini produk radar surveillance jarak jauh di jajaran produk unggulan mereka sekaligus untuk menjawab tantangan dari ancaman potensial yang kian hari kian berkembang.

BACA JUGA :  Kanada Akan Cabut Sanksi Iran Demi Jual Pesawat

Radar L Band terbaru yang dikembangkan oleh Lockheed Martin tersebut memiliki arsitektur digital yang modern serta menggunakan semi-konduktor berbahan Gallium Nitrid. Nantinya, unit radar TPY-X tersebut akan tersedia dalam dua varian, yakni varian yang bersifat statik, dan varian yang bersifat dinamis atau mobile.

Varian dinamis atau mobile merupakan varian radar yang mampu mendukung pergerakan pasukan serta dapat dipindahkan sesuai dengan strategi yang dilakukan oleh pasukan tersebut.

Nantinya, unit radar dengan frekuensi L Band terbaru besutan Lockheed Martin tersebut akan dapat dipindahkan melalui kargo udara menggunakan pesawat angkut militer seperti C-130 Hercules, C-17 Globemaster III, dan Helikopter.

BACA JUGA :  Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Untuk radar barunya, Lockheed Martin memanfaatkan program dan pengembangan produksi radar yang menawarkan teknologi tepat guna, seperti kaki – kaki pijakan yang mampu melakukan proses levelling dan kemampuan emplacement yang cepat dari sistem radar TPQ-53. Demikian disampaikan oleh Direktur Program Pengembangan Radar Generasi Lanjutan Lockheed Martin, Mark Mekker.

Lockheed Martin sendiri telah sejak tahun 2016 memperkenalkan sistem radar tersebut. Sejak saat itu hingga sekarang, Lockheed Martin telah berhasil menuntaskan proses desain dan rilis bagi sistem perangkat lunak yang memiliki beragam tingkatan pengoperasian.

BACA JUGA :  Video Korea Selatan Launching Kapal Selam Tipe 209/1400 Pesanan Indonesia

Sistem radar multi-misi jarak jauh TPY-X merupakan sistem radar yang didesain untuk mempunyai performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya, terutama dalam menghadapi ancaman berdimensi kecil (atau memiliki RCS kecil,red) ditengah situasi gangguan sinyal (clutter) dan ditengah serangan sistem senjata peperangan elektronik, dimana ground based radar tersebut di operasikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua