Indonesia Akuisisi Sistem SNIPER Advanced Targetting Pod Untuk Jet Tempur F-16

0
13624
Indonesia Akuisisi Sistem SNIPER Advanced Targetting Pod Untuk Jet Tempur F-16
Indonesia Akuisisi Sistem SNIPER Advanced Targetting Pod Untuk Jet Tempur F-16. Ilustrasi SNIPER ATP. Sumber : militaryedge.org

HobbyMiliter.com – Indonesia Akuisisi Sistem SNIPER Advanced Targetting Pod Untuk Jet Tempur F-16. Kunjungan wakil presiden Amerika Serikat, Mike Pence ke Indonesia beberapa hari yang lalu menghasilkan beberapa kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat. Dalam kunjungannya ke Indonesia, wakil presiden Mike Pence menandatangani sejumlah kerjasama dengan wakil presiden Jusuf Kalla selaku perwakilan dari pemerintah Indonesia. Adapun prosesi penandatanganan kerjasama tersebut dilaksanakan pada tanggal 21 April yang lalu. Nilai kerjasama antara kedua negara tersebut mencapai kurang lebih 10 Miliar Dollar AS.

Kerjasama dijalin dalam berbagai sektor, namun demikian sektor energi menjadi sektor yang paling dominan dalam penandatanganan kerjasama tersebut. Tidak hanya melibatkan institusi pemerintahan kedua negara, kerjasama tersebut juga dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dan perusahaan swasta multinasional asal AS.

BACA JUGA :  Koran Pro-Erdogan Tuduh Jenderal AS Dalang Dibalik Kudeta Turki

Dari sekian banyak poin kerjasama tersebut, ada satu poin yang cukup menarik bagi kalangan antusias militer di Indonesia. Poin tersebut adalah kepastian terkait akuisisi atau pembelian sistem targetting pod bagi pesawat jet tempur F-16 milik TNI AU. Adapun dalam hal tersebut, Indonesia memilih mengakuisisi atau membeli sistem SNIPER Advanced Targetting Pod besutan Lockheed Martin.

Tandatangan Kerjasama RI-AS 21 April 2017
Indonesia Akuisisi Sistem SNIPER Advanced Targetting Pod Untuk Jet Tempur F-16. Prosesi pendantanganan kerjasama bilateral RI-AS yang berlangsung pada 21 April 2017.
Sumer : Kedubes AS di Indonesia

SNIPER Advanced Targetting Pod adalah sistem targetting pod yang diproduksi oleh Lockheed Martin melalui fasilitas produksi peluru kendali dan sistem kendali penembakan atau Missiles and Fire Control Facility yang berada di Orlando, negara bagian Florida. Saat ini masih belum jelas berapa unit sistem SNIPER ATP yang akan dibeli oleh Indonesia. Namun demikian, menurut lansiran resmi kedutaan besar Amerika Serikat di Indonesia, unit sistem SNIPER ATP tersebut akan memperlengkapi armada pesawat jet tempur F-16 A/B yang bersarang di Lanud Iswahjudi. Pihak Lockheed Martin juga memastikan bahwa mereka akan memberikan paket pelatihan bagi para pilot calon pengawak sistem tersebut, maupun bagi para teknisi yang akan merawat sistem targetting pod tersebut.

BACA JUGA :  Latihan Terbang Kota Penerbad

Indonesia Akuisisi Sistem SNIPER Advanced Targetting Pod Untuk Jet Tempur F-16. SNIPER Advanced Targetting Pod merupakan sistem targetting pod yang memampukan awak pesawat militer untuk melakukan proses deteksi, identifikasi, dan engagement terhadap sasaran di permukaan tanah jauh diluar jarak jangkau sistem pertahanan udara musuh pada umumnya. SNIPER ATP dibekali Forward Looking Infra Red dengan kemampuan untuk dapat melakukan deteksi target pada segala macam kondisi, cuaca buruk, berkabut, bahkan dalam kondisi tidak ada cahaya sekalipun. Sistem ini telah digunakan di pesawat – pesawat militer AS, baik jet tempur F-16, F-15, A-10 maupun bomber taktis sekelas B1 B Lancer. Selain AS, tercatat sudah 17 negara mengoperasikan sistem ini, Indonesia akan menjadi negara ke – 18 yang menggunakan sistem ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here