Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterMengintip Armada Kapal Selam Korea Utara

Mengintip Armada Kapal Selam Korea Utara

B. Armada Kapal Selam Korea Utara

HobbyMiliter.com – Mengintip Armada Kapal Selam Korea Utara. Korea Utara (Korut) tentu mempunyai hak untuk menjadi negara dengan kekuatan Angkatan Laut yang mumpuni. Meskipun negara ini dikenal tertutup dan ‘dikucilkan’ dari peradaban internasional, tentu dunia menghargai keinginan Korea Utara yang ingin menunjukkan eksistensi kekuatan militer terutama di matra laut dengan Korea People’s Navy atau KPN nya. Sayangnya, masyarakat dunia internasional lebih suka menyebut kekuatan laut Korea Utara sebagai “Udang ditengah dua Ikan Paus besar”. Dua ikan paus besar yang dimaksud sudah pasti ialah Angkatan Laut Jepang (Japan Maritime Self Defense Force-JMSDF, red) dan Angkatan Laut Rakyat China (People’s Liberation Army Navy – PLA-N, red).

BACA JUGA :  Digital Direction Finder 550, Transmiter Pelacak milik Korps Marinir

Jangan membayangkan kekuatan armada Angkatan Laut Rakyat Korea Utara atau Korea People’s Navy (KPN) sebagai Angkatan Laut yang modern. Jajaran kapal perang dalam armada AL Rakyat Korea merupakan warisan dari teknologi Uni Sovyet di era 70-80-90’an. Jajaran kapal perang kombatan permukaan utama (singkatnya disebut major surface combatants) milik KPN pun dapat dihitung dengan jari.

Namun demikian, banyak pengamat militer internasional, serta beberapa pejabat militer AS yang selalu menaruh perhatian pada satu kecabangan dari Angkatan Laut Rakyat Korea tersebut. Ya, adalah satuan kapal selam milik KPN yang tidak pernah lepas dari pantauan mata para analis dan pengamat militer barat, serta tentunya, pantauan satelit – satelit mata – mata AS dan Sekutunya di Asia-Pasifik. Korea Utara diperkirakan mengoperasikan tidak kurang dari 65 sampai 70 unit kapal selam berbagai kelas, mulai dari kapal selam mini atau midget subs, kapal selam diesel elektrik, hingga kapal selam dengan kemampuan balistik nuklir.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI Multatuli 561 Semarakkan Festival Pesona Kebangsaan Di Ende

KRI Multatuli 561 Semarakkan Festival Pesona Kebangsaan Di Ende

0
HobbyMiliter.com - KRI Multatuli 561 Semarakkan Festival Pesona Kebangsaan Di Ende. Lama tidak terdengar kabarnya, KRI Multatuli 561, sebuah kapal perang jenis Submarine Tender yang juga dapat...

Recent Comments