Friday, March 29, 2024
HomeBlog MiliterMengintip Armada Kapal Selam Korea Utara

Mengintip Armada Kapal Selam Korea Utara

E. Pengaruh Armada Kapal Selam Korut Terhadap Keamanan Kawasan

HobbyMiliter.com – Mengintip Armada Kapal Selam Korea Utara. Korut bagaimanapun, mengandalkan armada kapal selamnya sebagai ujung tombak pertahanan negara sekaligus sebagai senjata pamungkas jika negara itu berada dalam posisi terdesak. Hal ini mengacu pada fakta bahwa kekuatan militer matra darat dan udara yang dimiliki oleh Korut yang secara kualitas tidak sebanding dengan kekuatan militer matra darat dan udara yang dimiliki oleh Korsel serta pasukan USFK yang ditempatkan disana.

Meskipun diisi oleh kapal selam yang tergolong ‘jadul’, armada kapal selam KPN sedikit banyak mampu menghadirkan ketakutan serta teror bagi elemen militer Korsel dan AS tentunya. Kejadian tenggelamnya ROKS Cheonan, kapal perang kelas korvet Pohang yang dimiliki Angkatan Laut Korea Selatan, pada medio 2010 menyadarkan banyak kalangan bahwa armada kapal selam milik Korut bukan lah sesuatu yang bisa dianggap remeh.

BACA JUGA :  Cakra Baskara, Sistahanud jarak pendek Soviet
Mengintip Armada Kapal Selam Korea Utara
Mengintip Armada Kapal Selam Korea Utara. Kapal Perang Milik Korea Selatan, ROKS Cheonan, Diangkat Dari Dasar Laut Setelah Tenggelam Oleh Torpedo Dari Kapal Selam Korea Utara. Tampak Dalam Foto Setengah Bagian Depan dari Kapal Tersebut.
Sumber : links.org.au

ROKS Cheonan ditenggelamkan oleh sebuah torpedo CHT-02D yang diproduksi secara mandiri oleh Korut. Diduga, torpedo ini diluncurkan dari sebuah kapal selam mini atau midget submarine kelas Yo-no. Sebanyak 46 orang pelaut Korsel yang mengawaki kapal perang tersebut tewas, sedangkan 56 lainnya mengalami luka – luka. Sementara AL Korut sukses menjalankan misi ini tanpa kehilangan satupun kapal selam atau awaknya.

Mengintip Armada Kapal Selam Korea Utara
Mengintip Armada Kapal Selam Korea Utara. Serpihan Torpedo CHT-02D Yang Digunakan Untuk Menenggelamkan Kapal Perang Korea Selatan, ROKS Cheonan.
Sumber : wikipedia

Dengan hadirnya kapal selam kelas Gorae sebagai kekuatan kapal selam strategis balistik, Korut otomatis menjadi lebih percaya diri. Hadirnya kapal selam kelas Gorae atau Sinpo tentu mempengaruhi kestabilan keamanan di kawasan tersebut. Ini membuat potensi ancaman dari armada kapal selam milik Korut meningkat drastis, dari yang tadinya hanya dianggap sebagai kumpulan armada kapal selam kecil dan diesel elektrik jadul menjadi sebuah kekuatan armada kapal selam modern yang terus bertumbuh seiring berjalannya waktu. Meskipun jika dilihat secara kuantitas, kapal selam kelas Sinpo atau Gorae baru dibuat hanya satu unit saja, namun pencapaian ini menandakan bahwa Korut telah mencapai level baru dalam industri pertahanan dalam negerinya khususnya industri manufaktur kapal selam.

BACA JUGA :  Korea Utara Uji Coba Rudal Nuklir Hwasong-15

Pada akhirnya, kita sampai pada kesimpulan bahwa armada kapal selam Korut memang belum sepenuhnya berevolusi. Ia masih sama seperti pada era sebelumnya, meskipun kini kapal selam kelas Gorae atau Sinpo yang notabene lebih baru telah hadir. Potensi ancaman dari kapal selam milik Korea Utara saat ini semakin tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun rudal ‘Pukkuksong-1’ yang akan memperkuat kapal selam kelas Gorae atau Sinpo ini belum selesai dibuat, namun bukan tidak mungkin Korut mampu menyelesaikannya dalam waktu dekat. Dalam hal ini, kewaspadaan semua pihak serta kebijaksanaan dari masing – masing pihak tentu berperan penting dalam menyelesaikan konflik berkepanjangan ini.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ranjau-heli 1

Ranjau Anti Heli : Mimpi Buruk Para Infiltran

0
HobbyMiliter.com – Ranjau Anti Heli : Mimpi Buruk Para Infiltran. Ranjau anti heli atau disebut juga AHM (anti helicopter mine) mungkin kalah terkenal dibandingkan...

Recent Comments