Saturday, April 27, 2024
HomeMiliterAnalisis MiliterTaktik Dogfight Kanon Klasik di Era Jet tempur Modern

Taktik Dogfight Kanon Klasik di Era Jet tempur Modern

Situasi semacam ini akan memaksa penerbang menggunakan kecepatan rendah sekitar 200 knot dengan sudut serang (angle of attack) tinggi. Namun pesawat tetap bisa bermanuver seperti ular berbelok ke kanan dan ke kiri dengan tenaga mesin yang besar. Sebagai gambaran, bisa dilihat pada film Top Gun, dimana Maverick justru mengerem ketika MiG-28 (alias F-5) mendekat sambil menembak.

TNI AU masih melatihkan kemampuan dogfight jarak dekat kepada pilot pesawat tempurnya
TNI AU masih melatihkan kemampuan dogfight jarak dekat kepada pilot pesawat tempurnya.

Jika kita melakukan dogfight di F-16, alasan utama untuk memperlambat kecepatan selama menempatkan diri di belakang sasaran dan membidik adalah karena semua tembakan pasti diarahkan memotong di sebelah depan lintasan pesawat sasaran sehingga peluru bisa menabrak pesawat lawan.

BACA JUGA :  Turki Targetkan 10 Miliar Dollar Dalam Kontrak Militer Dengan Arab Saudi

Karena itu kecepatan mendekat harus tidak terlalu tinggi sehingga tidak bertabrakan dan hanya sampai jarak tembak peluru yang sudah diukur oleh radar pesawat. Pesawat penembak harus mengarahkan hidung pesawat ke depan pesawat lawan karena peluru akan berbelok akibat gaya gravitasi ke badan pesawat sasaran dan membutuhkan beberapa detik untuk mencapai musuh.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Melirik Interior Kapal SSV 2 BRP Davao Del Sur 602

Melirik Interior Kapal SSV 2 BRP Davao Del Sur 602

0
HobbyMiliter.com - Melirik Interior Kapal SSV 2 BRP Davao Del Sur 602. Strategic Sealift Vessel atau disingkat SSV merupakan salah satu produk kapal perang...

Recent Comments