Wednesday, April 17, 2024
HomeAlutsistaHelikopterBell UH-1 Huey, Legenda Jip Terbang

Bell UH-1 Huey, Legenda Jip Terbang

Tiba-tiba terdengar suara pilot Yellow Three melalui radio. “Semua crew tewas. Hanya aku yang tertinggal!”, ujamya sambil berusaha meninggalkan LZ. Dua Huey Gunship yang tadi tetap melayang-layang udara sekarang kembali menukik deras. Dan…. whoos…. whoos, roket-roket berterbangan dari sisi Huey Gunship kembali menghantam daerah sekitar LZ, membalas tembakan dari VC. Hanya Yellow One saja yang tinggal di tempat dengan mesin tetap menyala. Tapi masih ada ruang sisa buat pendaratan gelombang Huey berikutnya. Total sebenarnya ada satu lusin Huey yang digelar dalam operasi mobilitas udara (mobud) saat itu.

Tapi misi hari itu belum selesai. Mason (Yellow Two) dan Yellow Three mesti kembali ke LZ. Apalagi kalau bukan menurunkan infanteri yang diambilnya dari pangkalan aju yang berjarak beberapa mil. Tapi pada putaran kedua ini desingan senapan mesin telah bungkam. Neraka tadi sudah berakhir. Salah satu dari pasukan yang dibawa terpaksa merusak Yellow One saat operasi mobud berakhir. Lantaran tak ada seorangpun dari crew heli itu yang masih bisa membawanya pulang.

BACA JUGA :  YF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi

Heli Manual Bikin Pegal

Di Indonesia sendiri Huey juga lumayan banyak berkiprah. Adalah TNI-AU yang pertama kali mengoperasikan 28 buah Bell 204 (UH-1). Heli yang diterima sejak tahun 1962 menjadi kekuatan Skadron Udara 7 untuk keperluan angkut VIP. Sebanyak lima buah kemudian diubah menjadi varian SAR dan tempur sebelum akhirnya dipensiunkan.

Selain itu sampai sekarang Penerbad (TNI-AD) juga masih mengoperasikan dua jenis heli dari keluarga Huey. Masing-masing adalah Bell 205 A-l (UH-1D) sebanyak 15 buah dan versi teranyar, yaitu Bell 412 sebanyak 28 yang diterima dari IPTN (kini PT Dirgantara Indonesia) sejak tahun 1992. Bagi Penerbad, heli tipe ini cocok untuk tugas serbaguna. Versi Bell 412EP yang diterima dari PTDI akhir akhir ini pun sudah dilengkapi dengan FLIR agar mampu terbang malam di segala cuaca.

BACA JUGA :  Helibras Tampilkan Helikopter H225M Pertama Yang Dipersenjatai Rudal Exocet
Bell 412EP Penerbad, keturunan UH-1 Huey yang memperkuat TNI AD
Bell 412EP Penerbad, keturunan UH-1 Huey yang memperkuat TNI AD

Lantaran masih bersistem manual, maka perawatan seri Bell 205 di lapangan juga lebih sederhana ketimbang seri Bell 412EP. Tapi jangan coba-coba terbang jauh pakai heli ini. Selain getarannya yang sangat terasa sampai kabin, selama perjalanan tuas kemudi juga tak boleh lepas dari tangan sang pilot.

Jadilah tangan pegal-pegal bila telah sampai tujuan. Dari segi kenyamanan jauh beda dengan Bell 412EP. Kalau Bell 412EP handlenya bisa dilepas agak lama selama perjalanan. Heli heli penerbad sendiri beberapa sudah mengalami babtised by fire, tertembak peluru terutama di wilayah Papua.

BACA JUGA :  Jordania Terima Unit Kedua Helikopter Mi26 Halo

Setelah kurang lebih 58 tahun mengabdi, keluarga Huey masih banyak digunakan oleh banyak negara, termasuk oleh Amerika sendiri. Pihak Marinir AS telah memodernisasi armada Huey miliknya dengan mesin baru T-700, sistem empat rotor utama, serta perangkat avionik modern dan bersalin nama menjadi UH-1Y Venom.

Sedang Pihak AD walau telah mengganti dengan varian UH-60 Blackhawk, tapi sebagian besar armada Huey-nya tetap terbang bagi keperluan cadangan dan pengawal nasional (national guard) alias beroperasi di dalam negeri. Jadi memang tak salah kalau angka 58 tahun tadi membuat Huey dianggap Dakota-nya helikopter oleh kalangan penerbangan.

Awet sepanjang masa.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

SLMM 1

SLMM: Ranjau Andalan Kapal Selam Changbogo Class

0
HobbyMiliter.com – SLMM: Ranjau Andalan Kapal Selam Changbogo Class. Munculnya kapal selam Changbogo Class yang berdinas di Korps Hiu Kencana TNI AL di awal...

Recent Comments