Mengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum
Mengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum

HobbyMiliter.com – Mengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum. Mungkin Rusia lah negara pertama yang berani mempercayakan satu orang untuk menerbangkan sebuah helikopter tempur. Itupun bukan heli tempur mungil. Melainkan sebuah heli tempur garang yang notebene dijejali piranti canggih nan rumit. Adalah biro desain heli Kamov yang kemudian dipercaya mewujudkan tantangan tadi.

Hal ini diwujudkan dengan kehadiran Ka-50. Seperti biasa desain yang dilahirkan tak jauh-jauh amat dari pakem yang biasa dipakai oleh Kamov, yaitu sistem rotor bertumpuk (co-axial contra rotating twin rotor).

Baca juga :   Kapal Perusak Rusia Tiba Di Manila, Latihan Gabungan Kedua Negara Siap Diadakan

Helikopter tempur Rusia Kamov Ka-50 terbang pertama kali akhir Juli 1982 dengan kode purwarupa V-80. Intelijen Barat yang mengintipnya kala itu menamai heli ini dengan kode Ka-41 Hokum-A. Baru di akhir era 80-an Kamov mengedarkan nama resmi, Ka-50 Werewolf. Langkah ini sekaligus menandai kemenangan atas kompetitornya, Mil Mi-28 Havoc.

Mil Mi-28 Havoc sendiri akhirnya juga dibeli oleh militer Rusia setelah dioprek sana sini dan menjadi Mi-28N di tahun 2006-an, 16 tahun setelah pembelian batch 1 Ka-50. Beberapa sistem baru dikenalkan pada heli berpanjang badan 13 meter ini. Salah satunya adalah sebuah kursi lontar K-37 yang merupakan komponen utama sebuah sistem penyelamat (emergency system).

Baca juga :   Rusia Bersiap Adakan Gencatan Senjata Di Aleppo Demi Pengiriman Bantuan

Kursi tadi berhubungan dengan piranti pelepas enam rotor utama dan pemecah kaca kokpit atas. Sebuah roket dipakai untuk menarik kursi lontar ke atas begitu rotor dan kaca kokpit pecah. Sebagai catatan, sampai sekarang belum ada sebuah heli pun di dunia yang menerapkan sistem penyelamat semacam ini, kecuali di Rusia.

lanjut halaman berikut
1
2
Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA