Friday, April 26, 2024
HomeAlutsistaHelikopterMengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum

Mengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum

Mengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum – HobbyMiliter.com – Mungkin Rusia lah negara pertama yang berani mempercayakan satu orang untuk menerbangkan sebuah helikopter tempur. Itupun bukan heli tempur mungil. Melainkan sebuah heli tempur garang yang notebene dijejali piranti canggih nan rumit. Adalah biro desain heli Kamov yang kemudian dipercaya mewujudkan tantangan tadi.

Hal ini diwujudkan dengan kehadiran Ka-50. Seperti biasa desain yang dilahirkan tak jauh-jauh amat dari pakem yang biasa dipakai oleh Kamov, yaitu sistem rotor bertumpuk (co-axial contra rotating twin rotor).

BACA JUGA :  NATO Pensiunkan Unit Kedua Pesawat AWACS E3A

Helikopter tempur Rusia Kamov Ka-50 terbang pertama kali akhir Juli 1982 dengan kode purwarupa V-80. Intelijen Barat yang mengintipnya kala itu menamai heli ini dengan kode Ka-41 Hokum-A. Baru di akhir era 80-an Kamov mengedarkan nama resmi, Ka-50 Werewolf. Langkah ini sekaligus menandai kemenangan atas kompetitornya, Mil Mi-28 Havoc.

Mil Mi-28 Havoc sendiri akhirnya juga dibeli oleh militer Rusia setelah dioprek sana sini dan menjadi Mi-28N di tahun 2006-an, 16 tahun setelah pembelian batch 1 Ka-50. Beberapa sistem baru dikenalkan pada heli berpanjang badan 13 meter ini. Salah satunya adalah sebuah kursi lontar K-37 yang merupakan komponen utama sebuah sistem penyelamat (emergency system).

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Misteri Tenggelamnya Kursk, Kecelakaan Kapal Selam Terparah Rusia Tewaskan 118 Kru

0
 Misteri Tenggelamnya Kursk, Kecelakaan Kapal Selam Terparah Rusia Tewaskan 118 Kru - hobbymiliter.com - Insiden tenggelamnya Kursk menjadi kecelakaan kapal selam terparah di Rusia, yang...

Recent Comments