Friday, April 19, 2024
HomeAlutsistaHelikopterMengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum

Mengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum

Kursi tadi berhubungan dengan piranti pelepas enam rotor utama dan pemecah kaca kokpit atas. Sebuah roket dipakai untuk menarik kursi lontar ke atas begitu rotor dan kaca kokpit pecah. Sebagai catatan, sampai sekarang belum ada sebuah heli pun di dunia yang menerapkan sistem penyelamat semacam ini, kecuali di Rusia.

Mengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum
Mengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum

Untuk melindungi pilot, mesin, dan sistem transmisi dari hujan peluru, kamov mempercayakan perlindungan pilot helikopter tempur Rusia Kamov ka-50 ini pada dua lapis baja tahan peluru. Lapisan seberat 350 kilogram ini mampu menahan hantaman peluru kanon berkaliber 20 milimeter. Demikian juga dengan kaca kokpit dibuat tahan peluru. Sistem peredam panas (heat supression) dipasang pada saluran buang (exhaust), gunanya, meredam infrared signature yang dapat dideteksi oleh rudal pencari panas.

BACA JUGA :  MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa

Piranti di atas berguna untuk mengurangi bahaya dari rudal-rudal penjejak panas. Alat bela diri lainnya adalah berupa piranti ECM (Electronic Counter Measure) dan chaff/flare yang ditempatkan pada dua pod di ujung-ujung sayap kecil. Untuk dapur pacu, Ka-50 ditenagai oleh dua mesin turboshaft TV3-117VK.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

5-front-al-nusra-konfirmasi-kematian-300-anggotanya

Pasca Pertempuran Aleppo, Front Al-Nusra Konfirmasi Kematian 300 Anggotanya

0
Hobbymiliter.com - Lebih dari 300 anggota militan kelompok teroris Front al-Nusra telah terbunuh dalam pertempuran dekat Kota Retyan di provinsi Aleppo. Tewasnya militan teroris dalam...

Recent Comments