Friday, May 24, 2024
HomeAlutsistaHelikopterMengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum

Mengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum

Berbeda dengan konsep yang diterapkan pada heli serbu asal Barat. Ka-50 mempercayakan penanda target dari pesawat atau heli lainnya, alias tak bisa mandiri.
Alasannya untuk mengurangi risiko serta beban kerja pilot dengan meminimalkan kehadirannya. Sebagai senjata tetap utama dipakai kanon laras tunggal 2A42 berkaliber 30 milimeter dengan 500 peluru. Kanon yang aslinya dipakai oleh kendaraan lapis baja BMP tersebut memang terkenal badak dalam medan berdebu dan panas.

Sayangnya senjata yang mampu melubangi tank-tank utama ini tak bisa berputar seperti pada AH-64 Apache, Hanya bisa digerakkan ke bawah sebesar 30 derajat dan keatas 5 derajat. Senjata lain yang sanggup digotong adalah rudal anti tank AT-9 Whirlwind sebanyak 16 buah. Tambahan lain adalah 80 roket udara-darat B-8 kaliber 80 milimeter.

BACA JUGA :  Rudal Nuklir Baru Korut Tampil Di Parade Militer Hari Angkatan Bersenjata Ke-75

Walau awalnya Ka-50 dirancang bagi pertempuran darat namun AB Rusia kemudian malah menepatkannya bagi kepentingan AL. Heli beradius tempur hingga 250 kilometer ini dipercaya untuk memberikan bantuan tembakan udara bagi satuan pendarat amphibi. Selain kursi tunggal, Kamov juga mengeluarkan versi kursi ganda untuk latih yaitu Hokum-B.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Hasil Kebudayaan Zaman Mesolitikum

Hasil Kebudayaan Zaman Mesolitikum

0
Hasil Kebudayaan Zaman Mesolitikum - HobbyMiliter.com - Apa yang dimaksud dengan Zaman Mesolitikum? Dan Apa saja sih hasil kebudayaan zaman Mesolitikum? Yuk simak jawabanya...

Recent Comments