Thursday, March 28, 2024
HomeMiliterTeknologi MiliterSang Pengecoh Serangan Rudal pada Korvet Fatahillah Class

Sang Pengecoh Serangan Rudal pada Korvet Fatahillah Class

Selain itu, kelemahan dari Fatahillah Class adalah pada sistem anti serangan udara. Kapal ini tak memiliki kanon reaksi cepat jenis CIWS (Close In Weapon System), atau bahkan rudal hanud SHORAD (Short Range Air Defence). Dari segi pertahanan udara, Fatahillah Class masih menggunakan meriam Bofors 40 mm yang terpasang di buritan serta dua pucuk kanon Rheinmetall Rh202 20 mm di bagian anjungan, sudah pasti keduanya masih manual.

fatahilla3

Meskipun memiliki titik lemah, tetapi korvet produksi Wilton-Fijenoord, Belanda ini telah didesain untuk menangkal serangan rudal anti kapal serta rudal udara ke permukaan yang ditembakkan dari pesawat tempur. Berdasarkan informasi, Fatahillah Class membawa 2 x Knebworth Corvus 3-tubed launchers.

BACA JUGA :  PNS Badr, Kapal Korvet MILGEM Ketiga Milik Pakistan Diluncurkan

Lebih tepatnya Knebworth Corvus launchers merupakan sistem pengecoh rudal berupa peluncur chaff hasil pabrikan Vickers Ltd Shipbuilding Group. Cara kerjanya Chaff dispenser yang ditembakkan dari roket akan membentuk semacam ‘perisai’ di sekitar kapal. Sistem ini memiliki two multi-barrelled rocket launchers, panel kendali penembakkan, serta chaff (radar countermeasure). rockets.

Sistem perisai pengecoh serangan rudal yang terbilang quick reaction ini memberikan mode operasi gangguan (distraction) serta sentroid, dengan keduanya berbeda satu sama lain dalam sudut azimuth ketika ditembakkan dan jangkauan ketika chaff dilepaskan. Panel penembakan serta kendalai berada di Pusat Informasi Tempur (PIT).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Boeing 737 Surveillance (Airliners.net).

Kisah Boeing 737 Surveillance, Pesawat Intai Maritim TNI AU

1
HobbyMiliter.com - Bicara airborne surveillance radar, tidak usah jauh-jauh. Di negeri ini pun ada barangnya. Masuk kategori top secret dan santer aroma intelijen. Tidak...

Recent Comments