Wednesday, March 27, 2024
HomeAlutsistaRanpurSingapura Terjunkan NGAFV Sebagai Pengganti M113

Singapura Terjunkan NGAFV Sebagai Pengganti M113

next-generation2

Selain AFV/IFV, Singapura masih memiliki dalam varian Panser, yaitu AV81 Terrex 8×8, panser yang terbilang paling canggih di seluruh Asia Tenggara. Variannya pun sangat beragam, mulai dari varian dasar APC (Armoured Personnel Carrier), varian pembawa mortir 120 mm, varian recovery untuk membantu reparasi, varian medis, varian IFV (Infantry Fighting Vehicle), varian ATGM (Anti Tank Guided Missile), serta varian engineer untuk melakukan dukungan satuan zeni tempur.

Dari itu semua, varian IFV serta ATGM merupakan senjata utama wheeled fire support vehicle. Varian IFV memiliki kubah dengan sistem RCWS (Remote Control Weapon System) EOS R-600 yang menyandang kanon MK44 Bushmaster II berkaliber 30 mm.

BACA JUGA :  Gencatan Senjata Suriah Resmi Diberlakukan Mulai Hari Ini

Diprediksi bahwa kekuatan militernya di tahun 2019, aspek AFV/IFV Singapura akan tefokus pada Bionix II, AV81 Terrex serta Next Generation AFV. Lalu apa yang menjadi kelebihan NG-AFV? Dilihat dari rancangannya, terlihat kendaraan tempur ini menggunakan konsep kendaraan lapis baja yang terhubung dengan jaringan data terpadu (Network Centric Warfare), sehingga siap untuk pertempuran di masa depan.

Dari segi perlindungan, NG AFV ternyata memakai armor yang sama persis dengan yang dipakai pada MBT (Main Battle Tank) Leopard 2SG, yaitu merujuk pada standar STANAG 4569 level 4 dan bisa menangkal terjangan proyektil berkaliber 12,7 hingga 14,5 mm. Di bagian bawahnya juga digunakan perlindungan dari ledakan ranjau.

BACA JUGA :  Iron Dome: Sistem Pertahanan Udara Andalan Singapura

Dari segi persenjataan, pada varian kanon mengadaptasi Bushmaster II autocannon berkaliber 30 mm, ditambah senapan mesin coaxial 7,62 mm. Kanonnya hampir sama seperti pada Bionix II, lengkap beserta laser range finder dan thermal camera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Uji coba RX-2200 untuk Grad

Uji Coba RX-2200 Sebagai Amunisi Grad

1
HobbyMiliter.com - Untuk mengurangi ketergantungan pada impor amunisi, saat ini Indonesia juga berusaha untuk membuat amunisi roket 122mm RX-2200 untuk kendaraan launcher Grad. Roket ini beberapa...

Recent Comments