Sunday, April 11, 2021
Home Berita Militer Dunia Militer Perancis Prancis Pesan 12 Unit Pesawat Tanker MRTT Phenix

Prancis Pesan 12 Unit Pesawat Tanker MRTT Phenix

HobbyMiliter.com – Prancis Pesan 12 Unit Pesawat Tanker MRTT Phenix. Prancis menuntaskan proyek pemenuhan kebutuhan platform pesawat tanker udara dan angkut personel dengan ditandatanganinya kontrak pembelian tiga unit pesawat tanker udara multi peran Airbus A330 MRTT (Multi-Role Tanker Transport) yang diumumkan oleh Airbus Defence and Space (DS) pada hari Kamis, 13 Desember 2018 (kemarin,red).

Dengan diumumkannnya kontrak pembelian untuk tiga unit pesawat tanker udara tersebut, pemerintah Prancis akhirnya memenuhi rencana penggantian armada pesawat tanker dan pesawat angkut mereka. Saat ini AU Perancis mengoperasikan armada pesawat tanker Boeing KC-135R / KC-135FR dan armada pesawat angkut personel Airbus A340 / A310.

BACA JUGA :  Barongsai Yonif 413 Kostrad

Pada bulan September yang lalu, unit pertama dari pesawat tanker udara multi peran atau Multi-Role Tanker Transport (MRTT) pesanan Angkatan Udara Prancis diserahkan di Pangkalan Udara 125 yang berlokasi di Istres-Le Tubé, Prancis.

Sementara itu sisa pesanan akan dikirimkan bertahap hingga akhir tahun 2023 dalam kerangka waktu yang sudah disepakati dengan pihak Angkatan Udara Prancis. Secara keseluruhan, pemerintah Prancis memesan sebanyak 12 unit pesawat tanker multi peran buatan Airbus tersebut.

Airbus A330 Multi-Role Tanker Transport atau disingkat MRTT merupakan pesawat tanker udara multi peran produksi Airbus Defence and Space (DS). Pesawat ini merupakan platform tanker udara yang juga mampu melaksanakan misi angkut personel dan misi evakuasi medis atau medevac. Ia mampu membawa tidak kurang dari 271 personel dalam sekali terbang. Para personel ditempatkan dalam kabin penumpang pesawat.

BACA JUGA :  Foto Foto Sangar Kamov Ka-52, Cocok Untuk Jadi Heli Kavaleri Udara Marinir?

Untuk melaksanakan misi pengisian bahan bakar di udara pesawat ini dilengkapi dengan perangkat Airbus Refuelling Boom System (ARBS). Di bagian bawah sayap kanan dan kiri pesawat, disediakan perangkat pengisian bahan bakar berupa Hose atau selang yang dapat terhubung ke pesawat yang diisi bahan bakarnya. Selain itu, di bagian belakang di bawah badan pesawat juga terdapat sebuah alat pengisian bahan bakar di udara berupa Drogue.

Soal dapur pacu, pesawat tanker Airbus A330 MRTT Phenix ini diperlengkapi dengan mesin Rolls Royce Trent 700 bagi pesanan AU Prancis. Saat ini, tercatat sudah 6 negara yang sudah dan akan mengoperasikan pesawat tanker udara multi peran ini dengan Prancis sebaai negara ke 7 yang akan mengoperasikan pesawat tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

HobbyMiliter.com – Purwarupa kendaraan tempur medium tank MPF atau Mobile Protected Firepower dari dua pabrikan kendaraan tempur yang sedang bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan...

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua