F-35B Ligtning II, F-35 Turki adalah F-35A
F-35B Ligtning II, F-35 Turki adalah F-35A

Menlu Turki: F-35 Turki Pertama Akan Dikirim Juni – HobbyMiliter.com. Turki sedang menunggu pengiriman perdana pesawat tempur generasi kelima F-35 Lightning II di bulan Juni ini. Seperti dikutip Sputniknews, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa tanggal kedatangan pesawat tersebut adalah 21 Juni 2018, hal tersebut didasarkan atas kontrak antara Turki dan Amerika yang masih berlaku hingga saat ini.

“Kami telah mengatakan (kepada Amerika) bahwa kami tidak bisa diancam. Pada kasus F-35 Turki, kami sudah menandatangani perjanjian… Tanggal 21 Juni, kami akan menerima sebuah F-35. Tidak ada perkembangan negatif mengenai hal ini.” Begitu jelas Cavusoglu kepada reporter setelah selesai menemui Menteri Luar Negeri Amerika, Michael Pampeo di Washington, Senin lalu.

Baca juga :   Kapal Induk Admiral Kuznetsov Mengalami Kecelakaan Ketika Sedang Diperbaiki

Tanggal 24 Mei 2018 yang lalu, Komite Angkatan Bersenjata Senat Amerika (setara dengan Komisi I DPR RI) mengeluarkan rancangan Undang Undang yang baru. Rancangan Undang Undang ini salah satunya mengatur mengenai penundaan pengiriman F-35 Turki sehubungan dengan adanya kesepakatan pembelian sistem rudal anti pesawat S-400 buatan Rusia oleh pemerintah Turki.

F-35 dengan roundel AU Turki
F-35 dengan roundel AU Turki

Pada bulan Desember 2017, Turki menandatangani kesepakatan perjanjian hutang dengan Rusia untuk membeli sistem rudal antipesawat S-400 bagi Angkatan Bersenjata Turki. Kesepakatan ini memicu ketegangan antara pemerintah Turki dengan Amerika, dimana Amerika mengancam memberikan sanksi kepada Turki sehubungan aktifitas jual beli peralatan militer dengan Moscow. Selain itu Amerika juga menyatakan bahwa sistem S-400 tidak kompatibel dengan sistem pertahanan udara yang dimiliki NATO saat ini. Turki adalah salah satu anggota NATO, dan menyediakan pangkalan udara Incirlik sebagai salah satu basis udara NATO.

Baca juga :   AS Serukan Agar Turki Berhenti Serang Pasukan Kurdistan

Dilain pihak, Israel telah meminta agar Amerika, jika jadi mengirim F-35 Turki ke Ankara, tidak membuka source code F-35 tersebut ke Turki. Source Code tersebut digunakan untuk memodifikasi sistem avionik pada F-35 agar dapat dikustomisasi oleh user. Israel diketahui telah memperoleh source code F-35 yang memungkinkan Israel memodifikasi F-35 dan membuat F-35 dapat membawa dan menembakkan senjata senjata buatan Israel. Amerika diketahui belum memberikan respon atas permintaan Israel tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here