Friday, April 26, 2024
HomeBlog MiliterBren MKIII, Senapan Mesin Legendaris Regu Brimob Polri

Bren MKIII, Senapan Mesin Legendaris Regu Brimob Polri

Jika dilihat dari silsilahnya, label Bren berasal dari kata Brno, nama sebuah kota di Cekoslowakia, dimana senjata Zb vz. 26 pertama kali dirancang, dan Enfield, nama daerah di Inggris tempat dibangunnya pabrik senjata Royal Small Arms Factory. Sama halnya seperti RPD, Bren juga berkaliber 7,62 mm, perbedaannya RPD mengadaptasi amunisi berkaliber 7,62 x 39 mm, sedangkan Bren mengadaptasi kaliber NATO, yaitu 7,62 x 51 mm. Umurnya sudah tua, tapi masalah kinerjanya masih terbilang bagus, membuat senjata yang sudah menjadi penghuni museum ini masih bisa digunakan. Terlebih lagi amunisi Bren sudah dikenal di kalangan TNI, dilihat dari kalibernya, amunisi Bren hampir sama dengan yang dipakai pada FN MAG GPMG (General Puspose Machine Gun), itu artinya dari segi persediaan tak menjadi masalah karena amunisi telah diproduksi oleh PT Pindad.

BACA JUGA :  NATO Akan Berperang Bersama Koalisi AS Di Suriah

Bren2

Bren memang terbilang cukup berbobot, bisa dikatakan tak ergonomis bagi postur orang Indonesia. Sama halnya Bren MkI yang memiliki berat kosong 10,3 kg, sedangkan jika beramunisi mencapai 11,25 kilogram, jenis lainnya yaitu Bren MkII/MkIII yang mempunyai bobot yang lebih ringan yaitu 8,7 kilogram berat kosong dan 9,75 kilogram beramunis. Panjang dari Bren Mk II/Mk III ini sekitar 1,1 meter, sedangkan varian MkI mempunyai panjang 1,2 meter. Panjang larasnya sekitar 63 cm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Taiwan Tembakkan Rudal Hsiung Feng II Dari Kapal Penjaga Pantai

Taiwan Tembakkan Rudal Hsiung Feng II Dari Kapal Penjaga Pantai

0
Hobbymiliter.com – Pemerintah Taiwan dikabarkan sukses melakukan uji coba penembakan peluru kendali (rudal) anti-kapal Hsiung Feng II dari atas kapal penjaga pantai milik Badan...

Recent Comments