Thursday, July 18, 2024
HomeBerita MiliterBerita Militer DuniaPeluncuran Bom Pintar GBU-12 LGBs dari Sukhoi Su-30MKM AU Malaysia

Peluncuran Bom Pintar GBU-12 LGBs dari Sukhoi Su-30MKM AU Malaysia

Tapi yang dilakukan oleh AU Malaysia memiliki makna penting, karena yang ditembakkan adalah smart bomb, dan pesawat yang menembakkan adalah Su-30MKM, jenis dari Su-30 paling canggih di kawasan Asia Tenggara.

Malaysia sendiri telah cukup lama mengoperasikan GBU-12, bom ini merupakan salah satu senjata terhebat yang dipasang pada jet tempur F/A-18D Hornet serta Hawk 208. Di kawasan Asia Tenggara, pengguna GBU-12 tak cuma Malaysia, tapi Singapura serta Thailand juga tercatat memilikinya, bahkan AU Thailand sudah menggunakan GBU-12 sejak tahun 1997 untuk ditembakkan dari jet tempur F-5E/F Tiger II.

BACA JUGA :  Indo Defence 2016 : Rusia Akan Tampilkan Model Su-35 Dan T-90

GBU-2

Mengacu ke berita yang beredar, kabarnya Su-30MKM telah berhasil meluncurkan GBU-12 terbukti dari video hasil rekaman TUDM ketika merayakan HUT ke-59 TUDM. Kejadian itu sendiri dikatakan sudah berlangsung semenjak November 2016 di pusat latihan TUDM di Kota Belud, negara bagian Sabah, Malaysia.

Namun tidak ada penjelasan mengenai bagaimana TUDM mengendalikan GBU-12 dari Su-30MKM. Untuk membidikkan GBU-12 ke target dapat dilakukan melalui laser targeting pod yang ada pada jet tempur, atau bisa juga GBU-12 diposisikan oleh tim pengendali tempur yang menggunakan portable laser targeting pod.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pesawat Militer China Kembali Masuki Ruang Udara Taiwan

Pesawat Militer China Kembali Masuki Ruang Udara Taiwan

0
Hobbymiliter.com - Pesawat Militer China Kembali Masuki Ruang Udara Taiwan. Pada hari Minggu kemarin, tepatnya pada tanggal 19 Juni 2022, telah terjadi pelanggaran wilayah...

Recent Comments