China Kembangkan APC 6x6 Dengan Kemampuan Amfibi
China Kembangkan APC 6x6 Dengan Kemampuan Amfibi. Tampak dalam foto pasukan tentara pembebasan rakyat China sedang menguji coba prototype Ranpur APC 6x6 dengan kemampuan Amfibi.Sumber : IHS Jane Official Website

HobbyMiliter.com – China Kembangkan Varian Baru Ranpur Amfibi. Sebuah foto yang menunjukkan sebuah prototype kendaraan tempur pengangkut pasukan berbasis roda 6×6 mulai mendapat perhatian dari beberapa forum antusias militer internasional belakangan ini. Dalam foto tersebut tampak pasukan tentara pembebasan rakyat China sedang menguji coba kendaraan tempur tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa China sedang mengembangkan varian baru dari generasi kendaraan tempur APC 6×6 dengan kemampuan amfibi.

Dikabarkan ada dua unit prototype yang diuji coba. Keduanya nampak mirip namun memiliki beberapa perbedaan. Kendaraan pertama nampak dibuat mengikuti model kendaraan APC 6×6 pada umumnya. Konfigurasi pengawak dan penumpang dibuat seperti APC 6×6 pada umumnya dimana posisi Driver dan Commander berada di depan dan akses keluar masuk pasukan dipercayakan pada sebuah pintu rampa (ramp door) dengan mekanisme hidrolik yang ada di bagian belakang kendaraan tersebut.

Baca juga :   Foto Kunjungan Kapal Perang India Ke Surabaya

Bagian kubah senjata atau turret kendaraan tersebut nampaknya berbasis kendali remote control atau RCWS. Selama ini sistem kubah senjata berbasis Remote Controlled Weapon System dianggap lebih efisien bagi kendaraan tempur pengangkut personel atau APC karena dapat mengurangi penggunaan ruang yang berlebih pada bagian dalam ranpur sehingga meningkatkan jumlah pasukan atau peralatan yang dapat dibawa oleh ranpur tersebut. Adapun di turret tersebut juga dilengkapi dengan sensor elektro optik kecil diatas turret tersebut, serta sekumpulan pelontar granat yang ditempatkan di bagian samping persenjataan bela diri utama, yang kemudian diketahui sebagai senapan mesin berat atau SMB.

Kendaraan tempur tersebut dilengkapi dengan propeller untuk menunjang operasi amfibi. Sama seperti kendaraan tempur amfibi yang lainnya, intake atau lubang masuk udara dan lubang exhaust bagi mesin kendaraan tersebut diletakkan di bagian atas kendaraan tersebut. Selain itu, turret atau kubah senjata tersebut juga dilengkapi dengan kamera untuk meningkatkan Situation Awareness bagi kru atau pasukan yang mengawaki ranpur tersebut.

Baca juga :   Rudal Anti Pesawat Buk-M3, SAM Terbaru Rusia Segera Digunakan

Kendaraan tempur kedua dari prototype ranpur APC 6×6 dengan kemampuan amfibi yang dikembangkan China ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan prototype kedua. Hanya saja kendaraan prototype kedua ini lebih panjang karena bagian belakang kendaraan tempur ini diperlengkapi dengan dua unit struktur  berbentuk kubus yang sala satunya berisi unit cadangan untuk suplai tenaga, yang biasa disebut dengan APU (Auxiliary Power Unit).

Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA