Saturday, May 18, 2024
HomeMiliterTeknologi MiliterBegini Lho Cara Kerja Radar, Mata dan Telinga Angkatan Udara

Begini Lho Cara Kerja Radar, Mata dan Telinga Angkatan Udara

Radar bahkan biasa ditemui di pusat pertokoan yang menggunakan pintu geser otomatis dan bel yang berbunyi otomatis ketika ada pelanggan masuk. Pokoknya radar adalah teknologi yang sangat berguna.

Cara Kerja Radar Thomson TRS TNI AU
Radar Thomson TRS TNI AU

Radar biasa digunakan untuk mencapai tujuan dasar seperti mendeteksi kehadiran suatu obyek di kejauhan, mendeteksi kecepatan sebuah obyek atau memetakan sesuatu. Meskipun lebih dianggap sebagai mata, sesungguhnya cara kerja radar bagaikan telinga.

Cara kerja radar dengan menggunakan prinsip gema dan Doppler shift. Kedua konsep ini mudah dimengerti jika dikaitkan dengan suara, karena telinga bisa mendengar gema dan Doppler shift setiap hari. Teknik yang digunakan radar kurang lebih sama. Hanya gelombang yang dipancarkan dan diterima adalah gelombang radio.

BACA JUGA :  SAAB Luncurkan Fitur Baru Perkuat Radar Sea Giraffe

Gema adalah peristiwa yang sehari-hari bisa kita temui. Jika kita berteriak ke dalam sumur atau lembah, gema akan kembali beberapa saat kemudian. Gema terjadi karena sebagian gelombang suara dari teriakan kita menabrak permukaan (air atau dasar sumur atau dinding lembah) dan merambat kembali ke telinga. Waktu antara saat kita berteriak dan saat mendengar gema tergantung jarak antara kita dengan permukaan yang menimbulkan gema.

Doppler shift juga biasa namun tak terlalu kita perhatikan. Doppler shift terjadi ketika sebuah obyek bergerak menghasilkan atau memantulkan suara. Dalam kondisi ekstrim, Doppler shift dapat menghasilkan sonic boom. Jika sebuah mobil berjalan ke arah Anda dengan kecepatan 100 km per jam sambil mengeluarkan suara klakson. Anda akan mendengar bunyi klakson pada satu nada. Namun ketika mobil melintasi Anda, suara klakson bergeser ke nada yang lebih rendah. Perbedaan suara ini adalah akibat Doppler shift.

Dengan menggunakan gema suatu suara, dapat ditentukan jarak suatu obyek. Dan Doppler shift suatu gema dapat menentukan kecepatan suatu obyek. Sehingga mungkin untuk membuat “suara radar”. Seperti itulah sonar. Kapal selam dan kapal laut menggunakan sonar. Prinsip yang sama juga berlaku di udara. Namun rambatan gelombang suara di udara memiliki beberapa kendala.

BACA JUGA :  Pemberontak Houthi Klaim Serang Fasilitas Perusahaan Minyak Arab Saudi

Suara di udara tidak dapat merambat jauh. Paling jauh hanya mencapai satu mil. Setiap orang dapat mendengar suara, demikian juga “suara radar” sudah pasti akan mengganggu lingkungan. Masalah gangguan ini dengan menggunakan ultrasound, bukan suara yang dapat terdengar.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

  1. Yang saya super duper heran adalah, kenapa hingga detik ini kita tidak bisa membuat Radar ?? Apakah tidak ada ilmuan tersebut di negri ini ?? Apakah terlampau terbelakang kah tekhnology negri kita, apa mungkin kita tertinggal 1 juta tahun sehingga seolah begitu primitif nya bangsa kita..?? Entahlah.. tidak punya keinginan, ataukah system yg membuat bangsa kita tidak berdaya untuk memiliki keinginan..

    • Sebenernya bbrp tahun lalu PT.LEN sudah bisa membuat radar surveilance S-200, radar S-Band dengan jangkauan 200Km. Proyek selanjutnya adalah radar pertahanan udara nasional Ground Control Intercept (GCI) yang risetnya melibatakan 13 institusi dan ini sudah masuk PRN 2020-2024.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PINDAD Tandatangani MoU Kerjasama Industri Pertahanan Dengan UEA, Rusia, Turki, Finlandia

PINDAD Tandatangani MoU Kerjasama Industri Pertahanan Dengan UEA, Rusia, Turki, Finlandia

0
HobbyMiliter.com - PINDAD Tandatangani MoU Kerjasama Industri Pertahanan Dengan UEA, Rusia, Turki, Finlandia. PT. PINDAD (Persero) sebagai salah satu BUMN Industri Strategis dalam bidang Industri...

Recent Comments