Friday, May 27, 2022
HomeMiliterAnalisis MiliterRadar LPAR Baru China Siap Awasi Wilayah Jepang

Radar LPAR Baru China Siap Awasi Wilayah Jepang

Hobbymiliter.com – China rupanya telah menyelesaikan pembangunan instalasi fasilitas radar deteksi jarak jauh dari jenis Large Phased Array Radar atau LPAR baru yang langsung menjadi perhatian pengamat militer luar negeri. Dikabarkan fasilitas radar baru ini dibangun dengan arah pancaran menghadap ke timur laut. Fasilitas radar ini diketahui mulai di bangun sejak akhir tahun 2019 dan baru selesai pada tahun ini, diperkirakan pada bulan Februari lalu. Diketahui, China memang melakukan pembangunan beberapa fasilitas radar LPAR untuk meningkatkan kemampuan peringatan dini terhadap upaya serangan yang dapat dilakukan oleh beberapa negara di sekitar wilayah kedaulatan nya. Yang terbaru, fasilitas radar peringatan dini Large Phased Array Radar kembali di bangun oleh China di wilayah Yiyuan, provinsi Shandong.

BACA JUGA :  Rusia Kirimkan Dua Fregat Ke Laut Mediterania Timur

Fasilitas radar peringatan dini ini diduga kuat dibangun menghadap ke arah timur laut untuk memaksimalkan jangkauan pancaran gelombang radar untuk dapat mencapai wilayah ruang udara Jepang. Saat ini, dengan diselesaikannya pembangunan fasilitas radar ini, pemerhati militer dan geopolitik internasional memperkirakan bahwa China mampu memonitor seluruh wilayah ruang udara Jepang dengan menggunakan jaringan radar peringatan dini dari jenis LPAR ini. Lokasi tepat fasilitas ini diperkirakan berada sekitar 70 mil (sekitar 112 kilometer) sebelah tenggara kota Jinan, ibukota provinsi Shandong, China.

BACA JUGA :  KRI Salawaku 842 Laksanakan Sea Acceptance Test

Fasilitas radar peringatan dini terbaru milik China ini dibangun bersebelahan dengan fasilitas radar peringatan dini serupa yang telah diselesaikan pembangunannya sejak 2014. Fasilitas pertama yang telah dibangun sebelumnya dihadapkan ke arah selatan-tenggara yang kemudian dipastikan bahwa gelombang pancaran radar tersebut menghadap ke arah Taiwan. Bagi China, jaringan sistem radar LPAR ini sangat berguna untuk menjadi elemen sensor peringatan dini (Early Warning System), yang memampukan China melacak peluncuran rudal balistik dari negara yang diawasi oleh sistem radar tersebut.

Hadirnya fasilitas radar LPAR terbaru milik China yang dihadapkan ke arah timur laut ini praktis memberikan kemampuan bagi militer China untuk mendeteksi secara dini peluncuran rudal balistik yang dilakukan di Semenanjung Korea (Korea Utara dan Korea Selatan,red), hampir seluruh wilayah Jepang, bahkan hingga wilayah timur jauh Russia. Meski telah membangun banyak fasilitas radar LPAR di banyak lokasi, masih belum banyak yang dapat diketahui dari sistem radar peringatan dini LPAR milik militer China tersebut. Yang jelas, dapat disimpulkan bahwa secara bentuk fisik, serta sudut kemiringan modul antenna pemancar, radar LPAR milik militer China ini mirip dengan sistem radar AN/FPS-115 “Pave Paws” milik militer AS.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pesawat Tanker Besutan Ilyushin, IL78 Sedang Melaksanakan Mii Penerbangan Perdana.

Prototype Pesawat Tanker Ilyushin IL78 Laksanakan Penerbangan Perdana

0
HobbyMiliter.com - Sebuah prototype pesawat tanker atau pesawat dengan kemampuan melaksanakan pengisian bahan bakar terhadap pesawat lain di udara yang dibangun oleh perusahaan industri aviasi...

Recent Comments