Thursday, December 1, 2022
HomeAlutsistaPesawat TempurSukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India

Sukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India

Su-30MKI berlatih tanding dengan Eurofighter Typhoon.
Su-30MKI berlatih tanding dengan Eurofighter Typhoon.

Peningkatan yang dinginkan India antara lain meliputi penambahan sayap canard, penggunaan avionik dari Prancis dan Israel serta penggunaan mesin dorong yang menggunakan TVC. Proses upgrading ke Su-30MKI konon menimbulkan biaya tambahan sebesar 8-20 juta dollar AS (di 1998) per pesawat tergantung batch aslinya.

Begitu pun dengan 10 unit Su-30KI yang dibeli dari sebelumnya. Semua pesawat juga di-upgrade atas keinginan India. Upgrading untuk KI di antaranya meliputi perangkat perang elektronika, radar dan kemampuan untuk membawa PGM (Precision Guided Munitions). Begitu selesai upgrade, 50 unit Sukhoi Su-30 Flanker India ini mempunyai kemampuan yang garang sekali.

BACA JUGA :  Kamerun dan Nigeria Bunuh 92 Anggota Teroris Boko Haram

Deal lisensi Su-30MKI Flanker India

Dari semula hanya membeli dan mengirim ulang pesawat untuk diupgrade di Rusia, Desember 2000 India melakukan lompatan lebih besar lagi. Yakni dengan menandatangani kesepahaman bersama dengan Rusia untuk memroduksi 140 Su-30MKI di India. Kesepakatan ditandatangani di Pabrik Irkuts, IAPO. (Sebagai perbandingan, Cina menandatangani produksi lisensi Su-27 kursi tunggal sebanyak 200 unit dengan KnAAPO tahun 1996. Nilainya mencapai 1,2 miliar dollar AS).

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pesawat Tempur F35

Kelangkaan Suku Cadang Menjadi Masalah Pesawat Tempur Masa Depan

0
Program penggabungan pesawat tempur masa depan yaitu F35 kini sedang dihadapkan dengan permasalahan suku cadang. Jika sebuah pesawat dikarenakan sudah tua atau karena terkena...

Recent Comments